Monday, January 16, 2017

Sekolah untuk Affan

Assalamualaikum,

Gak kerasa anak lanang saya udah mau 4 tahun di tahun ini. Hiksssss sedihhh karena kok tiba-tiba udah gede aja anak ini. Usia 4 tahun, berarti Affan sudah harus masuk TK tahun ini. Daaaaan saya nulis ini karena kepala saya lagi cenat-cenut mikirin sekolahan mana yang pas buat Affan. Kriteria utama saya dalam pencarian sekolah ini selain biaya adalah jarak dan fasilitas. Baru kemudian kurikulum. Kenapa? Karena menurut saya kurikulum untuk anak TK belum serius-serius amat yah jadinya gausah dipikirin yang berlebihan. Akhirnya saya pilih beberapa sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah. Berikut saya share kandidat sekolah untuk Affan yah.

IHF SEKOLAH KARAKTER
Jl. Raya Bogor, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451
Phone: (021) 8712022
Pencarian saya dimulai dari Oktober 2016 lalu. Saya mulai bergerak mendaftarkan Affan ke IHF Sekolah Karakter. Ketika Oktober saya daftarkan Affan, Affan dapet antrian waiting list ke-151. Pas tau begitu, saya gerak cepet langsung daftarin Affan untuk SD di tahun 2019 dan sekaligus ngedaftarin Kianna untuk TK 2019. Awal Januari 2017 saya pantau posisinya, mereka udah manggil 100 waiting list. Saya merasa dapet angin surga karena yaa bentar lagi lah ya sampe ke nomor antrian Affan. Ternyataaa selang seminggu saya telpon lagi, mereka udah berhenti manggil waiting list karena kuota mereka sudah tercukupi. Hikssssssssss semacam patah hati :(

Biaya TK A 2017 :
Uang Formulir Pendaftaran : Rp. 300.000,-
Seragam Sekolah : Rp. 600.000,-
Biaya Gedung : Rp. 10.750.000,-
Biaya Kegiatan : Rp. 2.700.000,-
SPP per bulan : Rp. 800.000,-
Total : Rp. 15.150.000,-

Pertimbangan :
+ Jarak deket banget dari rumah, hanya 1.8 km dari rumah.
+ Uang SPP per bulan hanya Rp. 800.000,-
+ Sekolahnya bagus, playgroundnya banyak.
+ Metode pengajarannya berbeda-beda, berdasarkan karakter si anak.

- Antriannya puanjaaaaaaaaaang. Anak lahir silakan langsung taruh nama di sekolah ini.

INDONESIA PLAYSCHOOL DEPOK
Jl. Juanda Ruko Pesona Khayangan View A6
Phone : 021 7703944
Pencarian saya yang kedua. Sekolah ini adalah sekolah yang lokasinya sama dengan daycare Affan sekarang. Kurikulumnya mengacu ke Diknas juga dan bahasa pengantarnya bahasa Indonesia. Sekolah ini ada dibawah naungan Yayasan Mentari Indonesianya Kak Seto. Foto foto bisa dicek disini.

Biaya TK A 2017 :
Uang formulir Rp. 200.000,-
Uang Pangkal TK A dan TK B : Rp. 6.000.000,-
Paket Buku dan Seragam : Rp. 1.600.000,- (per tahun)
Kegiatan : Rp. 1.300.000,- (per tahun)
SPP per bulan : Rp. 625.000,-
Total : Rp. 9.725.000,- (Ada diskon 20% untuk yang melunasi Uang Pangkal maksimal Februari 2017)

Pertimbangan :
+ Uang pangkalnya murah.
+ SPP juga murah.
+ Playgroundnya cukup luassss.
+ Ada fasilitas daycare.
+ Affan udah familiar banget sama sekolah dan mungkin guru-gurunya.

- Pendidikan agamanya so so karena bukan sekolah berbasis islam.
- Saya mau Affan coba lingkungan baru, mengasah jiwa adaptasinya sekali lagi :p

TK ISLAM PONDOK DUTA
Jl. Duta Plaza No 01 Cimanggis Depok
Salah satu sekolah yang saya dapet referensinya dari forum di theurbanmama.com.  Sekolahnya jadi satu sama SD, SMP, bahkan SMA. Sekolah ini berbasis islami dan berada dibawah naungan Yayasan Masjid Pondok Duta.

Biaya TK A : 
SPP per bulan : Rp. 450.000,-
Total Uang Pangkal : Rp. 6.500.000,- (sudah include SPP awal)

Pertimbangan :
+ Uang pangkal dan SPP murah meriah.
+ Berbasis islami, anak dibiasakan sholat dhuha, hafalan dll.
+ Deket dari rumah, hanya 1.3 km dari rumah.
+ Kelasnya ber-AC
+ Kamar mandi dan tempat wudhunya bersih

- Mainannya sedikit banget.
- Bangunannya agak oldies jadi keliatan usang.
- Gerbang masuknya melewati bangunan SD, SMP, SMA. Menurut saya rentan bullying.
- Tidak moving class.















TKIT NURUL FIKRI
Jalan Haji Rijin No. 100, RT.003 RW.011, Tugu, Cimanggis, Kota Depok
Phone: 021 8708919
Pilihan sekolah berikutnya. Sebenernya ini sekolah dulu ga saya lirik sama sekali karena denger-denger mahal banget. Ternyata sepupu Affan masuk sana dan ga sampe puluh-puluhan mahalnya. Yah walau gak murah juga sih uang pangkalnya, tapi SPP perbulannya ga terlalu mahal. Sekolah ini berbasis islam, sama seperti TKI Pondok Duta. 

Biaya TK A 2017 :
Dana Pengembangan : Rp. 7.000.000,-
Dana Pendidikan : Rp. 8.500.000,-
Biaya Seragam Putra : Rp. 720.000,-
Biaya Seragam Putri : Rp. 950.000,-
SPP per bulan : Rp. 1.000.000,- (include catering)
Iuran BP3 : Rp. 300.000,- (per tahun)
Uang formulir : Rp. 750.000,-
Total : Rp. 18.270.000,- (Putra) atau Rp. 18.500.000,- (Putri)

Pertimbangan :
+ Deket banget dari rumah. hanya 1.9 km.
+ Berhubung sepupu Affan disini juga, jadi bisa anter jemput sekalian sama dia.
+ Pembiasaan hariannya oke banget, belajar makan sehat, solat dhuha dll.
+ Naik ke TK B hanya bayar BP3 aja.
+ Sekolahnya rapi dan bersih.
+ SPP udah termasuk makan siang.
+ Sistem moving class.

- Mahaaaaaaaaaaaaaaaal banget.
- Kelas ga ber-AC dan tidak ada CCTV untuk uang pangkal sedemikian gedenya.
- Area main kurang luas, ga ada lapangan besar untuk lari-lari.











AL FAUZIEN ISLAMIC SCHOOL
Jl. Margonda Raya Pesona Depok Estate
Blok. V No 12, Depok
Phone : 021 . 776.01.41
Al Fauzien ini juga idolanya forum sekolah Depok di TUM. So far saya merasa ini sekolah paling cocok buat Affan. Karenaa bahasa pengantarnya bahasa Inggris, tapi sekolahnya sekolah Islam. Pas didatengin duh saya speechless naksir banget sekolahnya.

Biaya TK A 2017 :
Uang pangkal : Rp. 10.500.000,-
Seragam 5 stel : Rp. 925.000,-
Perlengkapan 1 th : Rp. 1.139.000,-
Kegiatan 1 th : Rp. 1.275.000,-
Kesehatan 1 th : Rp. 95.000,-
SPP per bulan : Rp. 950.000,-
Uang formulir : Rp. 500.000,-
Total : Rp. 15.384.000,-
(Akan ada extra charge jika ambil catering sebesar Rp. 15.000 per hari dan ekskul Rp. 500.000 per ekskul per semester)

Pertimbangan :
+ Uang pangkal lebih murah.
+ Pengantar bahasa inggris 
+ Sekolah islami
+ Sekolahnya enak bangeeeeeeet.
+ Ada CCTV
+ Ekskul banyak
+ Kelas ber-AC
+ Ada lapangan luas

- Jauh dari rumah, sekitar 7.1 km dari rumah.
- Tidak moving class.
- Mereka ga bisa janji akan ada jemputan ke daerah rumah saya dan masih sangat tergantung sama jumlah peminat ke area rumah saya. Hikssss gambling banget :(




















Sejauh ini saya dan suami sih berat ke Al Fauzien, karena emang keren banget sekolahnya. Affan juga happy banget disana ga mau pulang. Cuma balik lagi saya belum dapet kepastian ada atau ga jemputan yang mengarah ke rumah saya. Doakan semoga ada jawaban dan saya segera nemuin sekolah yang sesuai untuk Affan ya. Buat ibu-ibu yang lagi kepusingan cari sekolah anaknya juga, semangat kakaaaaak! Semoga Allah mempermudah proses pencarian kita dan yang terbaik hasilnya. Amiiiin :)


Love,
Dyta Putri

Continue Reading

Tuesday, November 22, 2016

Getaway : Bali

Assalamualaikum,

15 September 2016 lalu, Kianna genap berusia setahun. Berhubung dulu Affan tidak merayakan ulang tahun pertama, saya juga mikirin untuk ga ngerayain ulang tahun Kianna yang pertama ini. Sempet terpikir untuk bagi-bagi goodie bags aja ke temen-temen birth club nya Kianna, tapi setelah saya hitung-hitung ternyata tetep gak sedikit cost-nya. Wajar sih besar angkanya karena temen-temen birth club Kianna banyak bangeet sampe 55 orang, belum lagi ditambah siblingsnya. Akhirnya saya mikir kayanya seru yaa kalo kita berempat pergi kemanaaa gitu. Karena sejak punya anak, kami jarang banget liburan. 

Akhirnya saya nyiapin birthday trip untuk Kianna ini dadakan banget. Kayanya baru bulan Juli deh saya kepikiran untuk birthday trip ini. Setelah berunding sampe berantem-berantem dengan suami, akhirnya didapatlah keputusan untuk kembali lagi ke Bali. Suami saya sih maunya ke yang deket-deket aja dan kekeuh mau ke Yogya aja. Tapi entah saya selalu kangen untuk balik lagi ke Bali. Pertimbangan saya yang lain adalah saya prefer ke Bali karena Affan Kianna belum pernah terbang dan belum pernah kenalan sama pantai. 

Berhubung bawa anak kecil dan belum ada bayangan akan seperti apa, jadi saya bikin itinerary sesantai dan sesimpel mungkin. Agenda saya ke Bali kali ini cuma makan-makan dan main di pantai aja. Saya ga ke tempat wisata apapun karena dulu pas honeymoon udah pernah dan saya rasa anak-anak ga ngerti juga lah tempat-tempat wisata kaya gitu hehe. 

14 September 2016
Berhubung Kianna ulang tahun tanggal 15, saya mutusin untuk berangkat sehari sebelumnya. Nervous luar biasa mau ketemu hari ini karena ini pertama kalinya ajak anak-anak terbang. Sengaja saya pilih Garuda Indonesia untuk penerbangan pertama Affan Kianna, pertimbangannya yaaa supaya banyak pengalihnya kalau-kalau mereka rewel di pesawat hehe. Jam terbang pun saya pilih yang tidak terlalu pagi biar bisa santai sedikit dari rumah. Maklum lah ya jarak dari rumah ke airport itu jauhhh banget.



Saya baca dan dengar banyak sekali tips untuk liburan dengan anak kali ini. Setelah saya rangkum, ini lah yang saya dapet dan saya lakukan :
  1. Pilih tempat duduk di pesawat di baris paling depan kalau memungkinkan. Karena biasanya di paling depan ini masih ada space lebih untuk anak-anak atau kita bergerak kalau anaknya bosan. Selain itu, mintalah bassinet jika memungkinkan. 
  2. Lakukan check in melalui web atau konter maskapai langsung. Untuk flight GA kali ini, saya melakukan counter check in di Margo City pada tanggal 13 September 2016. Apa gunanya? Biar ga repot di airport kalau kita datang telat dan mepet.
  3. Jangan membawa terlalu banyak tas atau koper untuk memudahkan dan menghindari kerepotan saat menunggu bagasi atau pas mindah-mindahin barang. Soalnya saya dan suami masing-masing harus fokus pegang satu anak juga. Saya kemarin hanya bawa 1 koper sedang, 1 stroller dan 1 tas jinjing (masuk bagasi) plus 1 tas ransel untuk dibawa ke kabin.
  4. Put more attention untuk bawaan anak-anak. Siapin cemilan dan mainan untuk di pesawat. Jangan lupa bawa earmuff untuk mengurangi kebisingan dan perbedaan tekanan saat pesawat mengudara. Saya kemarin ga bawa earmuff karena ga punya, jadi saat take off cukup kasih cemilan aja ke Affan dan Kianna agar rahang mereka tetep ngunyah dan bisa menghindari problem di telinga.
  5. Bikin itinerary secermat mungkin. Jangan terlalu padat biar anak-anak ga kecapean dan tetep bisa menikmati liburan.



Back again, alhamdulillah di dalam pesawat Affan dan Kianna masih ter-handle dengan baik walau dua-duanya melek sampe pesawat landing di Bali. Pesawat ga delay, cuaca juga baik. Oh iyaaa, sempet ada insiden Affan keselek permen sampe nangis jejeritan pas mau take off karena ulah Ayahnya yang ujuk-ujuk ngasih dia permen padahal anaknya belum pernah makan permen sebelumnya -_- Untung aja Affan bisa muntahin permennya sampe keluar, kalo ga ya entah deh hikssss.







Landing di Bali sekitar jam 18.00 WITA, rencananya akan langsung ke daerah Four Season Muaya Beach untuk makan seafood di pinggir pantai. Apa dayaaaa diapers Kianna tembus jadi akhirnya kita langsung menuju ke hotel dan mutusin untuk makan malem di hotel aja pesen Go-Food. Beginilah ya pergi sama anak-anak, mereka yang punya rules! Selama di Bali, kami nginep di Mercure Bali Legian. Kenapa pilih disini karena selain saya belum pernah kecewa sama Mercure (halah), hotel ini lokasinya di pusat keramaian dan deket lah ke tujuan-tujuan yang akan saya datengin.











Sampe hotel saya langsung gantiin baju anak-anak sampe mereka bersih dan siap untuk tidur. Alhamdulillah anak-anak udah pada makan kenyang di pesawat jadi bisa langsung pada tidur. Setelah mereka tidur saya dan suami langsung pesen Boss Man Burgers untuk dinner! Boss Man ini enak dan porsinya gede banget. No wonder harganya sampe Rp. 100,000 per porsinya. Yang saya pesen ini namanya Original Gangster. Isinya 150 grams beef patty, American cheddar, Iceberg lettuce, heirloom tomatoes, grilled onions, pickles, American mustard, thousand island, dan horseradish aioli. Ini super enak dan super ngenyangin banget! Sayang ga bisa nyobain langsung di outletnya hiksss.


15 September 2016
Yeaaaay hari ini tepat Kianna ulang tahun! Pagi ini setelah bangun tidur, kita breakfast di hotel. Oh iya untuk makanan Kianna selama di Bali, saya pesen baby catering khusus untuk dia. Sayangnya, si catering ini hanya menyediakan makan siang dan malam aja. Untuk sarapan enggak. Alhasil Kianna sarapan di hotel aja dan alhamdulillah lumayan banget makannya. Saya ambilin dia pancake, roti-roti dan buah. Selesai sarapan kami kembali lagi ke kamar karenaaaa Kianna akan tiup lilin untuk pertama kalinya.


Untuk acara tiup lilin, saya mesen birthday cake untuk Kianna yang lokasinya ga jauh dari hotel. Berbekal info dari temen suami dan browsing-browsing di Instagram, akhirnya ketemulah satu vendor yang cakenya simpel dan ga too much fondant. Pesen kue kali ini saya ga banyak request sih, yang penting enak dan bisa buat tiup lilin. Alhamdulillah juga kuenya bagus, rasanya juga enaaaaak. Setelah mandi, kami langsung melakukan doa bersama, nyanyi happy birthday untuk Kianna dan tiup lilin bareng. Kianna masih bengong-bengong tapi dia seneng banget ngeliat kita semua nyanyi sambil tepuk tangan.






Selesai tiup lilin, Kianna sempet tidur pagi sebentar. Pas dia udah bangun, kita langsung menuju ke Krisna untuk belanja oleh-oleh. Selesai dari Krisna, kita langsung menuju ke area Sanur untuk makan siang di Warung Mak Beng. Lengkapnya cek disini yaa :)







Beranjak dari Warung Mak Beng yang superrrrr panas, tujuan kami berikutnya adalah nyobain es krim gelato yang sensasional di Bali. Gusto Gelato it is! Gusto Gelato ini lokasinya ada di daerah Kerobokan. Ketika saya sampai, ternyata outletnya ga terlalu besar. Walau begitu, tetep ajaaa yang makan es krim disini berjubel! 



Saya dan suami mesen gelato yang size medium. Dengan size medium ini, kita bisa pilih tiga flavors dalam 1 cup. Ngeliat pilihannya pun kepala saya pusing saking banyaknya karena penasaran mau coba semuanya. Rasanya bervariasi banget mulai dari rasa choco chip, caramel, snickers, mascarpone crunchy, honey comb, rum raisins, stracciatella, crocante, matcha, lemongrass sampee rasa kemangi juga ada. Dan saya milih caramel, snickers plus mascarpone crunchy, all for 42k only! YUM!


Kelar makan gelato, ternyata Bali cuacanya mendung. Kita langsung menuju ke salah satu beach club di Bali. Oh iya, pemilihan beach club ini juga lama banget saya semedinya. Karena saya cari yang ga terlalu crowded dan asik buat anak-anak. Daaan saya mutusin untuk liat sunset di Vue beach club. Vue ini lokasinya ada di Lv8 Resort Hotel di daerah Canggu. Kenapa pilih Vue? Karena saya dapet review beach club ini ga terlalu rame, tempatnya juga enak banget untuk anak-anak walau harganya agak pricey. Tapi ya gapapalah ya namanya juga liburan kan ga setiap hari hehe.




Di Vue ini, kita bisa pilih mau liat sunset darimana. Ada paket-paketnya juga dan udah include makanan biasanya. Untuk liat sunset dari sunbed biasa plus table (maximum 2 orang) kita dikenakan charge Rp. 550,000,- sudah dapet 4 makanan utama dan 2 pilihan minuman plus 2 towels. Untuk liat sunset dari gazebo, kita dikenain charge Rp. 750.000,-, sudah dapet 4 makanan utama, 4 pilihan minuman plus 2 towels. Dan kemarin saya pilih untuk booking yang copacabana karena mau leluasa, ada private pool dan biar luas aja berempat. Dengan Rp. 1.500.000,- kita udah dapet makanan dan minuman sebanyak ini, 4 towels dan satu tempat yang asyik banget buat liat sunset.



Affan supeeeer happy banget main di pantai. Kerjaannya bolak balik pasir, laut, ke pool. Terus begitu -_-. Kianna? Kianna agak-agak geli sama pasir dan sedikit bingung ahaha. Nanti insya Allah kalau Kianna udah gedean dan ada rezeki lagi kita mantai lagi ya sisss :D














Pas di Vue kemarin kita juga ketemuan sama temen SMAnya suami yang emang orang Bali dan tinggal disana. Seneng bangeeet Kianna dapet kado pertama dari Aunty Ida dan Kakak Dita. Terima kasih yaaa :*



16 September 2016
Hari ini kita cuma di hotel ajaaa dan baru keluar ke Biku pas makan siang. Cerita lengkap waktu nyobain Biku disini yaa. Selesai makan di Biku langsung balik lagi ke hotel untuk tidur siang. 



Sorenya baru kita menuju ke Jl. Four Seasons Muaya Beach untuk dinner di Menega Cafe. Entah kenapa ritual makan di pinggir pantai ini selalu jadi wajib buat saya lakukan kalo ke Bali hehe.





17 September 2016
Time to go home! Kita cuma renang sebentar di hotel abis sarapan kemudian beres-beres sampai waktu check out tiba. Jam 12 kita check out dan langsung menuju ke bandara. Sempet mampir sebentar deng di Krisna yang deket bandara karena oleh-olehnya ternyata kurang. 








Dan tepat sekitar jam 17.00 WIB kita landing di Jakarta. Alhamdulillaaaah tahun ini dikasih kesempatan dan rezeki untuk liburan bareng sekeluarga. Semoga Affan dan Kianna happy. Dan semoga one day kita bisa balik lagi ke Bali amiiiin. Okay then Kianna! Happy birthday ya Nak, semoga perayaan ini berkenan dan memorable untuk Kianna dan Affan juga.




Bye now,
Dyta Putri

Continue Reading