Tuesday, July 05, 2016

"Montessori di Rumah" Book Launching

Assalamualaikum,

Ada yang tau IMC? Yes, kalo kita sering cari ide-ide sensory play pasti akrab banget sama IndonesiaMontessori.Com ini. Jadi, IndonesiaMontessori.Com ini digagas oleh seorang ibu cantik cerdas dan oke banget yang bernama Elvina Lim Kusumo atau yang lebih kita kenal sebagai Mom C. Saya sendiri sempet intip-intip Instagramnya beberapa kali karena banyak ide permainan sensory untuk anak segala usia. Yaah intip-intip aja udah prestasi sih buat saya, karena jujur saya pribadi belum terlalu ngeh atau tertarik dengan permainan-permainan semacam ini. Begitulah kalo kita ga kenal, boro-boro mau sayang ya kan haha. 

Sampai akhirnya sekitar akhir bulan Mei lalu saya dapet message di Instagram dari Mom C. Ternyata beliau mau launching buku Montessori di Rumah tanggal 4 Juni 2016. Dan beliau ngundang saya untuk turut hadir as a blogger. Waaaaw, such a honor banget, seneng banget bisa diundang langsung dan ga bayar. Selang beberapa hari, undangannya beneran dikirim ke rumah dan saya pun excited banget untuk lebih ceki-ceki lagi ke webnya IMC sebelum cus kesana.


Jadi, pada awalnya, kegiatan montessori ini dicetuskan oleh seorang dokter yang beralih menjadi seorang tenaga pendidik bernama Dr. Maria Montessori. Beliaulah yang pertama kali mencetuskan suatu pendekatan yang kemudian dikenal sebagai metode montessori pada awal tahun 1900 berdasarkan pengalamannya di Casa dei Bambini, Italia.

Dalam metode Montessori, semua kegiatan bisa disebut dengan "Montessori Work", karena Dr. Montessori percaya bahwa bermain adalah pekerjaan penting untuk anak di usia dini. Dan menurut Mom C sendiri, Montessori adalah sebuah gaya hidup yang dimulai dari rumah, dimana anak diberikan kesempatan berkembang dan mengeksplorasi setiap sudut rumah dengan aman.

Setelah belajar sedikit, saya perlahan mulai tertarik sama metode ini. Dan pada tanggal 04 Juni 2016 lalu, berangkatlah saya ke The Hall Senayan City untuk menghadiri book launching-nya Mom C. Sampai disana suasana cukup meriah dan bikin Affan sumringah plus mondar mandir kesana kemari. Karena di dalam hall ternyata banyak kids' corner dan booth-booth yang jual berbagai mainan edukatif untuk anak.














Acara dibuka sekitar jam 1 siang dan tidak lama berlangsunglah Talkshow Montessori di Rumah bersama IMC. Setelah talkshow IMC selesai, dilanjutkan dengan talkshow dari IKEA dengan tema "Living space for living with children". Setelah itu masih ada talkshow dari Dettol tentang kesehatan anak, ada story telling juga bersama Mbak Poetri Soehendro. Saya ga ikutin acaranya sampe selesai sih, karena anak-anak sedikit cranky.










Acaranya bener-bener menyenangkan, saya tambah ilmu, anak-anak pun tetep having fun nyobain berbagai mainan yang ada disana. Dan sesampainya di rumah, saya langsung buka goodie bagnya dan yihaaaaaa alhamdulillah isinya pun menyenangkan. Bintang utamanya tetep si buku Montessori di Rumah dong yaa. Sampai hari ini saya baru baca-baca sekilas aja bukunya, ternyata isinya komplit banget ngebahas montessori from A to Z. Ada banyak tips-tips dan beragam ide bermain montessori di rumah juga loh. Worth to buy banget! 



Terima kasih banyak ya Mom C atas invitationnya. Saya happy dan super bangga bisa ikut serta. Segera akan saya eksekusi ide-ide bermainnya di rumah! Yeay!


Much love,
Dyta Putri

0 comments:

Post a Comment