Tuesday, November 22, 2016

Getaway : Bali

Assalamualaikum,

15 September 2016 lalu, Kianna genap berusia setahun. Berhubung dulu Affan tidak merayakan ulang tahun pertama, saya juga mikirin untuk ga ngerayain ulang tahun Kianna yang pertama ini. Sempet terpikir untuk bagi-bagi goodie bags aja ke temen-temen birth club nya Kianna, tapi setelah saya hitung-hitung ternyata tetep gak sedikit cost-nya. Wajar sih besar angkanya karena temen-temen birth club Kianna banyak bangeet sampe 55 orang, belum lagi ditambah siblingsnya. Akhirnya saya mikir kayanya seru yaa kalo kita berempat pergi kemanaaa gitu. Karena sejak punya anak, kami jarang banget liburan.

Akhirnya saya nyiapin birthday trip untuk Kianna ini dadakan banget. Kayanya baru bulan Juli deh saya kepikiran untuk birthday trip ini. Setelah berunding sampe berantem-berantem dengan suami, akhirnya didapatlah keputusan untuk kembali lagi ke Bali. Suami saya sih maunya ke yang deket-deket aja dan kekeuh mau ke Yogya aja. Tapi entah saya selalu kangen untuk balik lagi ke Bali. Pertimbangan saya yang lain adalah saya prefer ke Bali karena Affan Kianna belum pernah terbang dan belum pernah kenalan sama pantai.

Berhubung bawa anak kecil dan belum ada bayangan akan seperti apa, jadi saya bikin itinerary sesantai dan sesimpel mungkin. Agenda saya ke Bali kali ini cuma makan-makan dan main di pantai aja. Saya ga ke tempat wisata apapun karena dulu pas honeymoon udah pernah dan saya rasa anak-anak ga ngerti juga lah tempat-tempat wisata kaya gitu hehe.

14 September 2016
Berhubung Kianna ulang tahun tanggal 15, saya mutusin untuk berangkat sehari sebelumnya. Nervous luar biasa mau ketemu hari ini karena ini pertama kalinya ajak anak-anak terbang. Sengaja saya pilih Garuda Indonesia untuk penerbangan pertama Affan Kianna, pertimbangannya yaaa supaya banyak pengalihnya kalau-kalau mereka rewel di pesawat hehe. Jam terbang pun saya pilih yang tidak terlalu pagi biar bisa santai sedikit dari rumah. Maklum lah ya jarak dari rumah ke airport itu jauhhh banget.

Saya baca dan dengar banyak sekali tips untuk liburan dengan anak kali ini. Setelah saya rangkum, ini lah yang saya dapet dan saya lakukan :
  1. Pilih tempat duduk di pesawat di baris paling depan kalau memungkinkan. Karena biasanya di paling depan ini masih ada space lebih untuk anak-anak atau kita bergerak kalau anaknya bosan. Selain itu, mintalah bassinet jika memungkinkan.
  2. Lakukan check in melalui web atau konter maskapai langsung. Untuk flight GA kali ini, saya melakukan counter check in di Margo City pada tanggal 13 September 2016. Apa gunanya? Biar ga repot di airport kalau kita datang telat dan mepet.
  3. Jangan membawa terlalu banyak tas atau koper untuk memudahkan dan menghindari kerepotan saat menunggu bagasi atau pas mindah-mindahin barang. Soalnya saya dan suami masing-masing harus fokus pegang satu anak juga. Saya kemarin hanya bawa 1 koper sedang, 1 stroller dan 1 tas jinjing (masuk bagasi) plus 1 tas ransel untuk dibawa ke kabin.
  4. Put more attention untuk bawaan anak-anak. Siapin cemilan dan mainan untuk di pesawat. Jangan lupa bawa earmuff untuk mengurangi kebisingan dan perbedaan tekanan saat pesawat mengudara. Saya kemarin ga bawa earmuff karena ga punya, jadi saat take off cukup kasih cemilan aja ke Affan dan Kianna agar rahang mereka tetep ngunyah dan bisa menghindari problem di telinga.
  5. Bikin itinerary secermat mungkin. Jangan terlalu padat biar anak-anak ga kecapean dan tetep bisa menikmati liburan.

Back again, alhamdulillah di dalam pesawat Affan dan Kianna masih ter-handle dengan baik walau dua-duanya melek sampe pesawat landing di Bali. Pesawat ga delay, cuaca juga baik. Oh iyaaa, sempet ada insiden Affan keselek permen sampe nangis jejeritan pas mau take off karena ulah Ayahnya yang ujuk-ujuk ngasih dia permen padahal anaknya belum pernah makan permen sebelumnya -_- Untung aja Affan bisa muntahin permennya sampe keluar, kalo ga ya entah deh hikssss.

Landing di Bali sekitar jam 18.00 WITA, rencananya akan langsung ke daerah Four Season Muaya Beach untuk makan seafood di pinggir pantai. Apa dayaaaa diapers Kianna tembus jadi akhirnya kita langsung menuju ke hotel dan mutusin untuk makan malem di hotel aja pesen Go-Food. Beginilah ya pergi sama anak-anak, mereka yang punya rules! Selama di Bali, kami nginep di Mercure Bali Legian. Kenapa pilih disini karena selain saya belum pernah kecewa sama Mercure (halah), hotel ini lokasinya di pusat keramaian dan deket lah ke tujuan-tujuan yang akan saya datengin.

Sampe hotel saya langsung gantiin baju anak-anak sampe mereka bersih dan siap untuk tidur. Alhamdulillah anak-anak udah pada makan kenyang di pesawat jadi bisa langsung pada tidur. Setelah mereka tidur saya dan suami langsung pesen Boss Man Burgers untuk dinner! Boss Man ini enak dan porsinya gede banget. No wonder harganya sampe Rp. 100,000 per porsinya. Yang saya pesen ini namanya Original Gangster. Isinya 150 grams beef patty, American cheddar, Iceberg lettuce, heirloom tomatoes, grilled onions, pickles, American mustard, thousand island, dan horseradish aioli. Ini super enak dan super ngenyangin banget! Sayang ga bisa nyobain langsung di outletnya hiksss.

15 September 2016
Yeaaaay hari ini tepat Kianna ulang tahun! Pagi ini setelah bangun tidur, kita breakfast di hotel. Oh iya untuk makanan Kianna selama di Bali, saya pesen baby catering khusus untuk dia. Sayangnya, si catering ini hanya menyediakan makan siang dan malam aja. Untuk sarapan enggak. Alhasil Kianna sarapan di hotel aja dan alhamdulillah lumayan banget makannya. Saya ambilin dia pancake, roti-roti dan buah. Selesai sarapan kami kembali lagi ke kamar karenaaaa Kianna akan tiup lilin untuk pertama kalinya.

Untuk acara tiup lilin, saya mesen birthday cake untuk Kianna yang lokasinya ga jauh dari hotel. Berbekal info dari temen suami dan browsing-browsing di Instagram, akhirnya ketemulah satu vendor yang cakenya simpel dan ga too much fondant. Pesen kue kali ini saya ga banyak request sih, yang penting enak dan bisa buat tiup lilin. Alhamdulillah juga kuenya bagus, rasanya juga enaaaaak. Setelah mandi, kami langsung melakukan doa bersama, nyanyi happy birthday untuk Kianna dan tiup lilin bareng. Kianna masih bengong-bengong tapi dia seneng banget ngeliat kita semua nyanyi sambil tepuk tangan.

Selesai tiup lilin, Kianna sempet tidur pagi sebentar. Pas dia udah bangun, kita langsung menuju ke Krisna untuk belanja oleh-oleh. Selesai dari Krisna, kita langsung menuju ke area Sanur untuk makan siang di Warung Mak Beng. Lengkapnya cek disini yaa :)

Beranjak dari Warung Mak Beng yang superrrrr panas, tujuan kami berikutnya adalah nyobain es krim gelato yang sensasional di Bali. Gusto Gelato it is! Gusto Gelato ini lokasinya ada di daerah Kerobokan. Ketika saya sampai, ternyata outletnya ga terlalu besar. Walau begitu, tetep ajaaa yang makan es krim disini berjubel!

Saya dan suami mesen gelato yang size medium. Dengan size medium ini, kita bisa pilih tiga flavors dalam 1 cup. Ngeliat pilihannya pun kepala saya pusing saking banyaknya karena penasaran mau coba semuanya. Rasanya bervariasi banget mulai dari rasa choco chip, caramel, snickers, mascarpone crunchy, honey comb, rum raisins, stracciatella, crocante, matcha, lemongrass sampee rasa kemangi juga ada. Dan saya milih caramel, snickers plus mascarpone crunchy, all for 42k only! YUM!

Kelar makan gelato, ternyata Bali cuacanya mendung. Kita langsung menuju ke salah satu beach club di Bali. Oh iya, pemilihan beach club ini juga lama banget saya semedinya. Karena saya cari yang ga terlalu crowded dan asik buat anak-anak. Daaan saya mutusin untuk liat sunset di Vue beach club. Vue ini lokasinya ada di Lv8 Resort Hotel di daerah Canggu. Kenapa pilih Vue? Karena saya dapet review beach club ini ga terlalu rame, tempatnya juga enak banget untuk anak-anak walau harganya agak pricey. Tapi ya gapapalah ya namanya juga liburan kan ga setiap hari hehe.

Di Vue ini, kita bisa pilih mau liat sunset darimana. Ada paket-paketnya juga dan udah include makanan biasanya. Untuk liat sunset dari sunbed biasa plus table (maximum 2 orang) kita dikenakan charge Rp. 550,000,- sudah dapet 4 makanan utama dan 2 pilihan minuman plus 2 towels. Untuk liat sunset dari gazebo, kita dikenain charge Rp. 750.000,-, sudah dapet 4 makanan utama, 4 pilihan minuman plus 2 towels. Dan kemarin saya pilih untuk booking yang copacabana karena mau leluasa, ada private pool dan biar luas aja berempat. Dengan Rp. 1.500.000,- kita udah dapet makanan dan minuman sebanyak ini, 4 towels dan satu tempat yang asyik banget buat liat sunset.

Affan supeeeer happy banget main di pantai. Kerjaannya bolak balik pasir, laut, ke pool. Terus begitu -_-. Kianna? Kianna agak-agak geli sama pasir dan sedikit bingung ahaha. Nanti insya Allah kalau Kianna udah gedean dan ada rezeki lagi kita mantai lagi ya sisss :D

Pas di Vue kemarin kita juga ketemuan sama temen SMAnya suami yang emang orang Bali dan tinggal disana. Seneng bangeeet Kianna dapet kado pertama dari Aunty Ida dan Kakak Dita. Terima kasih yaaa :*

16 September 2016
Hari ini kita cuma di hotel ajaaa dan baru keluar ke Biku pas makan siang. Cerita lengkap waktu nyobain Biku disini yaa. Selesai makan di Biku langsung balik lagi ke hotel untuk tidur siang.

Sorenya baru kita menuju ke Jl. Four Seasons Muaya Beach untuk dinner di Menega Cafe. Entah kenapa ritual makan di pinggir pantai ini selalu jadi wajib buat saya lakukan kalo ke Bali hehe.

17 September 2016
Time to go home! Kita cuma renang sebentar di hotel abis sarapan kemudian beres-beres sampai waktu check out tiba. Jam 12 kita check out dan langsung menuju ke bandara. Sempet mampir sebentar deng di Krisna yang deket bandara karena oleh-olehnya ternyata kurang.

Dan tepat sekitar jam 17.00 WIB kita landing di Jakarta. Alhamdulillaaaah tahun ini dikasih kesempatan dan rezeki untuk liburan bareng sekeluarga. Semoga Affan dan Kianna happy. Dan semoga one day kita bisa balik lagi ke Bali amiiiin. Okay then Kianna! Happy birthday ya Nak, semoga perayaan ini berkenan dan memorable untuk Kianna dan Affan juga.