Tuesday, October 04, 2016

FOODISM : Warung Mak Beng

Assalamualaikum,

Masih seputaran Bali kali ini. Salah satu tempat makan yang banyak saya dapet rekomendasinya adalah Warung Mak Beng ini. Katanya sih makanannya enak banget dan kudu banget dicoba. Dan akhirnya meluncurlah saya dan keluarga kesana.



Warung Mak Beng ini lokasinya deket banget sama pantai Sanur. Jadii kalo kita mau ke pantai Sanur, sebelum sampe ke pantainya, dikiri jalan itu banyak berderet warung-warung makan. Salah satunya ya Warung Mak Beng ini. Berhubung saya tiba disana pas jam makan siang, alhasil matahari lagi terik-teriknya. Daaaan Warung Mak Beng ini tipe rumah makan yang beneran warung, sederhana dan tanpa AC. Hmmm kayanya ada satu ruangan yang ber-AC deh, tapi tempat duduk dan mejanya sangat terbatas dan udah penuh banget pas saya dateng. Saya harus nunggu kurang lebih 5 menit untuk dapet kursi, karena yaah rumah makan ini ga jam makan siang aja rameee apalagi pas jam makan siang.

Menu di warung makan ini ya cuma satu. Mereka hanya sedia paket nasi, sup ikan dan ikan laut goreng. Harganya dibanderol Rp. 45.000,- per paket. Sambil nunggu, saya mengamati seisi warung makan. Di dindingnya banyak dipajang foto-foto dan tanda tangan artis-artis yang pernah mampir dan makan di Warung Mak Beng. Dan ternyataaa denger-denger, warung makan ini udah ada sejak tahun 1941 loh. Ya ampuuun entah saya masih dimana ya itu haha.




Tidak lama setelah memesan makanan dan minuman, datanglah pesanan kami. Awalnya yang dateng itu es jeruknya dulu. Baru kemudian makanannya. Yang saya cicipin pertama kali adalah ikan gorengnya. Ikannya digoreng kering dan garing banget. Rasanya sih biasa layaknya ikan goreng pada umumnya, tapi tapi tapi, saya berhasil nyolek dikit sambelnya dan emang juara banget. Saya bukan pemakan sambel tapi suka kepo sama yang beginian hahaha. Alhasil cuma bisa nyolek dikit-dikit aja untuk ngerasain. Setelah icip ikan gorengnya, saya nyobain sup ikannya. Aaaaaahhh ini sup ikannya ternyata rasa surga kok -_- Kuahnya asem asem seger, pedes dikit, gurih, ikannya lembut, dan supnya ga amis. Ada campuran belimbing wuluh juga didalem supnya. Kayanya entah pake bumbu-bumbu asal Bali juga kali ya, makanya rasanya endeuuuus banget. Dan walau pedes, Affan lahap-lahap aja makan ikan goreng pake kecap manis plus kuah sup ikan. Keringetnya sampe netes, pipinya merah kaya kepiting rebus hahaha.


Sup Ikan

Ikan Goreng

Pasti akan balik lagi kesini kalo saya ke Bali lagi. Sensasi makan ikan laut goreng yang gurih, sup ikan anget anget asem pedes seger, ditambah gerah-gerahnya udara pantai, plus bonus hembusan angin pantai yang bau air laut banget. Syurgaaaaa 💛💛

Warung Mak Beng
Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur, Bali


Love,
Dyta Putri




2 comments:

  1. Mak beng memang ngangenin ya mba :D aku kalo ke Bali selalu mampir ke sana meskipun antrinya bikin nafsu makan semakin meningkat heuheuheu

    ReplyDelete
  2. Aku missed kemaren pas ke Bali, belum ke Mak Beng, padahal udah di list. Baca komen sup ikannya rasa surga bikin aku mupeng tingkat dewa maaaak..pastinya enak banget yak

    ReplyDelete