Monday, January 16, 2017

Sekolah untuk Affan

Assalamualaikum,

Gak kerasa anak lanang saya udah mau 4 tahun di tahun ini. Hiksssss sedihhh karena kok tiba-tiba udah gede aja anak ini. Usia 4 tahun, berarti Affan sudah harus masuk TK tahun ini. Daaaaan saya nulis ini karena kepala saya lagi cenat-cenut mikirin sekolahan mana yang pas buat Affan. Kriteria utama saya dalam pencarian sekolah ini selain biaya adalah jarak dan fasilitas. Baru kemudian kurikulum. Kenapa? Karena menurut saya kurikulum untuk anak TK belum serius-serius amat yah jadinya gausah dipikirin yang berlebihan. Akhirnya saya pilih beberapa sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah. Berikut saya share kandidat sekolah untuk Affan yah.

IHF SEKOLAH KARAKTER
Jl. Raya Bogor, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451
Phone: (021) 8712022
Pencarian saya dimulai dari Oktober 2016 lalu. Saya mulai bergerak mendaftarkan Affan ke IHF Sekolah Karakter. Ketika Oktober saya daftarkan Affan, Affan dapet antrian waiting list ke-151. Pas tau begitu, saya gerak cepet langsung daftarin Affan untuk SD di tahun 2019 dan sekaligus ngedaftarin Kianna untuk TK 2019. Awal Januari 2017 saya pantau posisinya, mereka udah manggil 100 waiting list. Saya merasa dapet angin surga karena yaa bentar lagi lah ya sampe ke nomor antrian Affan. Ternyataaa selang seminggu saya telpon lagi, mereka udah berhenti manggil waiting list karena kuota mereka sudah tercukupi. Hikssssssssss semacam patah hati :(

Biaya TK A 2017 :
Uang Formulir Pendaftaran : Rp. 300.000,-
Seragam Sekolah : Rp. 600.000,-
Biaya Gedung : Rp. 10.750.000,-
Biaya Kegiatan : Rp. 2.700.000,-
SPP per bulan : Rp. 800.000,-
Total : Rp. 15.150.000,-

Pertimbangan :
+ Jarak deket banget dari rumah, hanya 1.8 km dari rumah.
+ Uang SPP per bulan hanya Rp. 800.000,-
+ Sekolahnya bagus, playgroundnya banyak.
+ Metode pengajarannya berbeda-beda, berdasarkan karakter si anak.

- Antriannya puanjaaaaaaaaaang. Anak lahir silakan langsung taruh nama di sekolah ini.

INDONESIA PLAYSCHOOL DEPOK
Jl. Juanda Ruko Pesona Khayangan View A6
Phone : 021 7703944
Pencarian saya yang kedua. Sekolah ini adalah sekolah yang lokasinya sama dengan daycare Affan sekarang. Kurikulumnya mengacu ke Diknas juga dan bahasa pengantarnya bahasa Indonesia. Sekolah ini ada dibawah naungan Yayasan Mentari Indonesianya Kak Seto. Foto foto bisa dicek disini.

Biaya TK A 2017 :
Uang formulir Rp. 200.000,-
Uang Pangkal TK A dan TK B : Rp. 6.000.000,-
Paket Buku dan Seragam : Rp. 1.600.000,- (per tahun)
Kegiatan : Rp. 1.300.000,- (per tahun)
SPP per bulan : Rp. 625.000,-
Total : Rp. 9.725.000,- (Ada diskon 20% untuk yang melunasi Uang Pangkal maksimal Februari 2017)

Pertimbangan :
+ Uang pangkalnya murah.
+ SPP juga murah.
+ Playgroundnya cukup luassss.
+ Ada fasilitas daycare.
+ Affan udah familiar banget sama sekolah dan mungkin guru-gurunya.

- Pendidikan agamanya so so karena bukan sekolah berbasis islam.
- Saya mau Affan coba lingkungan baru, mengasah jiwa adaptasinya sekali lagi :p

TK ISLAM PONDOK DUTA
Jl. Duta Plaza No 01 Cimanggis Depok
Salah satu sekolah yang saya dapet referensinya dari forum di theurbanmama.com.  Sekolahnya jadi satu sama SD, SMP, bahkan SMA. Sekolah ini berbasis islami dan berada dibawah naungan Yayasan Masjid Pondok Duta.

Biaya TK A : 
SPP per bulan : Rp. 450.000,-
Total Uang Pangkal : Rp. 6.500.000,- (sudah include SPP awal)

Pertimbangan :
+ Uang pangkal dan SPP murah meriah.
+ Berbasis islami, anak dibiasakan sholat dhuha, hafalan dll.
+ Deket dari rumah, hanya 1.3 km dari rumah.
+ Kelasnya ber-AC
+ Kamar mandi dan tempat wudhunya bersih

- Mainannya sedikit banget.
- Bangunannya agak oldies jadi keliatan usang.
- Gerbang masuknya melewati bangunan SD, SMP, SMA. Menurut saya rentan bullying.
- Tidak moving class.















TKIT NURUL FIKRI
Jalan Haji Rijin No. 100, RT.003 RW.011, Tugu, Cimanggis, Kota Depok
Phone: 021 8708919
Pilihan sekolah berikutnya. Sebenernya ini sekolah dulu ga saya lirik sama sekali karena denger-denger mahal banget. Ternyata sepupu Affan masuk sana dan ga sampe puluh-puluhan mahalnya. Yah walau gak murah juga sih uang pangkalnya, tapi SPP perbulannya ga terlalu mahal. Sekolah ini berbasis islam, sama seperti TKI Pondok Duta. 

Biaya TK A 2017 :
Dana Pengembangan : Rp. 7.000.000,-
Dana Pendidikan : Rp. 8.500.000,-
Biaya Seragam Putra : Rp. 720.000,-
Biaya Seragam Putri : Rp. 950.000,-
SPP per bulan : Rp. 1.000.000,- (include catering)
Iuran BP3 : Rp. 300.000,- (per tahun)
Uang formulir : Rp. 750.000,-
Total : Rp. 18.270.000,- (Putra) atau Rp. 18.500.000,- (Putri)

Pertimbangan :
+ Deket banget dari rumah. hanya 1.9 km.
+ Berhubung sepupu Affan disini juga, jadi bisa anter jemput sekalian sama dia.
+ Pembiasaan hariannya oke banget, belajar makan sehat, solat dhuha dll.
+ Naik ke TK B hanya bayar BP3 aja.
+ Sekolahnya rapi dan bersih.
+ SPP udah termasuk makan siang.
+ Sistem moving class.

- Mahaaaaaaaaaaaaaaaal banget.
- Kelas ga ber-AC dan tidak ada CCTV untuk uang pangkal sedemikian gedenya.
- Area main kurang luas, ga ada lapangan besar untuk lari-lari.











AL FAUZIEN ISLAMIC SCHOOL
Jl. Margonda Raya Pesona Depok Estate
Blok. V No 12, Depok
Phone : 021 . 776.01.41
Al Fauzien ini juga idolanya forum sekolah Depok di TUM. So far saya merasa ini sekolah paling cocok buat Affan. Karenaa bahasa pengantarnya bahasa Inggris, tapi sekolahnya sekolah Islam. Pas didatengin duh saya speechless naksir banget sekolahnya.

Biaya TK A 2017 :
Uang pangkal : Rp. 10.500.000,-
Seragam 5 stel : Rp. 925.000,-
Perlengkapan 1 th : Rp. 1.139.000,-
Kegiatan 1 th : Rp. 1.275.000,-
Kesehatan 1 th : Rp. 95.000,-
SPP per bulan : Rp. 950.000,-
Uang formulir : Rp. 500.000,-
Total : Rp. 15.384.000,-
(Akan ada extra charge jika ambil catering sebesar Rp. 15.000 per hari dan ekskul Rp. 500.000 per ekskul per semester)

Pertimbangan :
+ Uang pangkal lebih murah.
+ Pengantar bahasa inggris 
+ Sekolah islami
+ Sekolahnya enak bangeeeeeeet.
+ Ada CCTV
+ Ekskul banyak
+ Kelas ber-AC
+ Ada lapangan luas

- Jauh dari rumah, sekitar 7.1 km dari rumah.
- Tidak moving class.
- Mereka ga bisa janji akan ada jemputan ke daerah rumah saya dan masih sangat tergantung sama jumlah peminat ke area rumah saya. Hikssss gambling banget :(




















Sejauh ini saya dan suami sih berat ke Al Fauzien, karena emang keren banget sekolahnya. Affan juga happy banget disana ga mau pulang. Cuma balik lagi saya belum dapet kepastian ada atau ga jemputan yang mengarah ke rumah saya. Doakan semoga ada jawaban dan saya segera nemuin sekolah yang sesuai untuk Affan ya. Buat ibu-ibu yang lagi kepusingan cari sekolah anaknya juga, semangat kakaaaaak! Semoga Allah mempermudah proses pencarian kita dan yang terbaik hasilnya. Amiiiin :)


Love,
Dyta Putri

6 comments:

  1. Toosss mba, aku pun sempet galau milih TK buat anakku.. Akhirnya jd jg daftr di Al Fauzien.. Baru bbrpa hari lalu observasi anak sama interview ortu.. :) Kalo Karakter pas deh, banyaaak bgt waiting listnya.. Udah survei Semut-semut yg di Cimanggis mba? Katanya bagus jg di sana.. Semoga dapat sekolah yg terbaik buat Affan ya mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah nyerah niii sama Al Fauzien. Dia ga bs kasi kepastian ada atau ga jemputan ke arah rumahku hiksssss :( Padahal naksir berat sama sekolahnya :(

      Delete
  2. Diit.. Cakeeeep deeh udah diripiuu smuanyaa.. Kurang semut2 diit.. Hehe

    ReplyDelete
  3. Jaidnya daftar sekolah dimana mbak?
    aku berminat juga di al-fauzien, tp jarak dari rumah sekitar 7 kilo.
    masih bingung euy.
    heheh
    salam kenal mbak, sy dela

    ReplyDelete
  4. mbak dita, akhirnya memilih sekolah yang mana mbak ? kemarin aku sudah survey ke semât mbak. untuk biayanya:
    Formulir : Rp. 400.000
    Uang pangkal: Rp. 14.300.000 (uang kegiatan naik TK B tambah Rp. 3.500.000)
    Spp bulanan : Rp. 980.000
    Seragam : Rp. 400.000 (kurang lebih)

    Kelebihan dan kekurangan menurut saya mbak (klo ini sifatnya subjektif mbak)

    Kelebihan:
    + termasuk salah satu sekolah alam
    + ruang bermain luas
    + guru-gurunya masih muda-muda
    + ruang kelasnya terdiri dari 2-3 kelas untuk TK A

    Kekurangan:
    - tidak ada fasilitas catering
    - Sekolahnya bagus tapi sepertinya kurang terawat fasilitasnya
    - Campur dengan anak SD jadinya terkesan ramai dan crowded mbak
    - tidak menganut sistem sentra / moving class

    Saya juga lagi bingung mbak, alternatif pilihan tinggal Al-fauzien, sekolah alam indonesia Cipedak dan Al fikri (tapi jauh banget dan daerah macet). Saya datang juga ke TKIT Nurul fikri, sistemnya bagus tapi pas datang kesana kok saya kurang sreg karena kapasitas muridnya banyak dan tempatnya kecil dan kurang bersih mbak.

    Jadi sekarang masih galau pilih yang mana...=(

    ReplyDelete