Wednesday, December 30, 2015

Morinaga MI Play Plan : Membeli dan Menjual Es Krim

Assalamualaikum,

Fiyuhh! Kian hari Jakarta da sekitarnya makin terik yah. Lagi di kamar sama Affan dan Kianna terus gak sengaja bilang, "Bang, diluar panas-panas gini enaknya makan es krim ya Bang?"

Yakk dan nampaknya salah sebut. Anaknya langsung ribut minta es krim padahal lagi batuk pilek. Tiba-tiba saya keinget pernah lihat ide main yang ada kaitannya dengan es krim. Langsung meluncur ke www.morinagamiplayplan.com dan bener aja ada hehe. Langsung saya cetak printablesnya dan langsung main sama Affan. Permainan ini selain untuk mengalihkan perhatian Affan akan es krim haha, juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak saat berinteraksi dengan orang lain. Selain itu untuk anak yang lebih besar lagi dari Affan, bisa sekalian belajar menghitung dan menggunakan uang. 


Alat dan bahan yang dipersiapkan :
  • Printable gambar es krim dan uang mainan (Saya tidak menggunakan uangnya)
  • Gunting.
  • Lem.
  • Karton.
Cara Membuat :
  1. Saya mengunduh dan mencetak printable es krim beserta uang mainan dari www.morinagamiplayplan.com.
  2. Setelah itu, saya warnai es krimnya agar Affan tertarik. Saya katakan  es krimnya ada 3 rasa, rasa strawberry, buah naga dan alpukat sesuai warnanya.
  3. Kemudian, gunting printable tersebut.
Cara Bermain :
  1. Pertama-tama, tentukan peran dalam permainan. Misalnya kita yang menjadi tukang es krim, dan Si Kecil menjadi pembeli.
  2. Jelaskan kepada Si Kecil ada beberapa jenis es krim yang tersedia. Satu sendok es krim diberi harga satu lembar uang.
  3. Semakin tinggi es krim, maka semakin banyak uang yang harus dibayarkan. Minta Si Kecil untuk  mengenali mana es krim yang paling tinggi dan yang paling rendah.
  4. Dalam bermain, Bunda/ Ayah sebagai tukang es krim dapat bertanya kepada Si Kecil mengenai rasa es krim apa yang ia inginkan.
  5. Jika Si Kecil sudah memilih es krimnya, Bunda/Ayah bersama Si Kecil, dapat menyusun es krim pesanan Si Kecil dengan menempelkannya pada karton.
  6. Setelah itu, Bunda/ Ayah dapat memberikan es krim tersebut pada Si Kecil dan menyebutkan harganya.
  7. Minta Si Kecil untuk memberikan uang sejumlah harga es krimnya. Bunda/Ayah dapat membantu Si Kecil jika dia terlihat kebingungan.
  8. Bunda/Ayah dapat berganti peran dengan Si Kecil dan menyusun lebih banyak es krim. 





Evaluasi :
  1. Hari ini Adik/ Kakak habis bermain apa ya? Sepertinya seru sekali.
  2. Es krim yang mana yang butuh uang paling banyak untuk membelinya? Yang paling sedikit?
  3. Apakah ada kesulitan saat harus memberikan uang pada saat membeli (transaksi pembayaran)
Wuih Affan luar biasa seneng bermain peran seperti ini. Sayapun seneng juga karena fokus Affan tidak lagi ingin makan es krim tapi ke permainan jual es krim. Terima kasih ya Morinaga Platinum atas ide bermainnya yang super seru!

Love,
Dyta Putri
















0 comments:

Post a Comment