Tuesday, December 29, 2015

Morinaga MI Play Plan : Mengenal Nama Jari

Assalamualaikum,

Libur akhir tahun telah tibaaa. Dan kebetulan sekali saya baru dapat informasi mengenai Morinaga Multiple Intelligence Play Plan, jadi langsung berangkat ke webnya dan ngumpulin banyak sekali ide bermain untuk mendukung kecerdasan Affan. Nah ide yang satu ini adalah tentang memperkenalkan nama jari ke anak. Hmm, rasanya Affan belum tau semua nama jari jemarinya, baru tau ibu jari saja.

Selain menarik dan menyenangkan, permainan ini kabarnya bagus sekali untuk mengasah kecerdasan kinestetik dan interpersonal anak usia 1-3 tahun. Permainan ini juga bertujuan untuk melatih sensori anak terhadap sentuhan. Saya yakin Affan akan lebih gampang mengingat nama jarinya dengan cara seperti ini. Yukkk kita lihat :)


Alat dan bahan yang harus dipersiapkan :
  • Kertas
  • Cat dan wadah
  • Kuas
  • Spidol.
Cara membuatnya : 
  1. Pilih warna yang akan digunakan dan tuang pada satu wadah.
  2. Minta Si Kecil untuk mewarnai telapak tangannya menggunakan kuas.
Cara Bermain :
  1. Biarkan Si Kecil berkreasi dengan warna-warna ketika mengecat telapak tangannya.
  2. Setelah merata di semua bagian telapak tangan, minta Si Kecil untuk menjiplakan tangannya ke kertas putih.
  3. Diamkan sebentar agar cukup kering lalu beritahu Si Kecil bahwa gambar telapak tangannya terdiri dari lima jari. Jumlah dari jari tersebut sama dengan jumlah Rukun Islam. Kalau bisa, jelaskan pada Si Kecil apa itu Rukun Islam.
  4. Jika Si Kecil sudah cukup paham, tuliskan satu bunyi Rukun Islam pada satu jari.


Hasil handprint tangan Affan

Nah, untuk mengevaluasinya, saya menanyakan 3 hal ini sama Affan.
  • Mommy sudah lihat hasil karya Affan hari ini. Bagus sekali ya. Terus ini mau dipajang di mana? Dan Affan menjawab akan diletakkan aja di dinding kamarnya. Lalu saya mengiyakan sambil bilang akan membelikan frame dulu untuk membingkai hand printnya.
  • Coba Affan sebutkan nama-nama jari. Mengejutkan sekali ternyata Affan bisa tahu dan mengucapkan ibu jali atau jempong (ibujari atau jempol), tunjuk (telunjuk), jali tengah tengah (jari tengah), jali manis (jari manis), dan kingking (kelingking)..
  • Coba sebutkan 5 bunyi Rukun Islam. Nah untuk rukun islam ini Affan masih agak susah menghafalnya. Lucu banget denger Affan sebut : cahadat (syahadat), colat (shalat), puaca (puasa), dakat (zakat), dan naik aji (naik haji). Berhubung Affan anaknya kritis banget, malah jadi panjang deh ditanyain masing-masing itu apa dan bagaimana :D
Yuk silakan dicoba ide bermain seperti ini untuk mengasah kecerdasan anak kita. Buat yang tertarik, bisa langsung menuju www.morinagamiplayplan.com dan temukan beragam ide bermain lainnya yang sesuai untuk anak-anak kita :)

Love,
Dyta Putri

0 comments:

Post a Comment