Thursday, November 13, 2014

Affan-ography : 17 mos

Assalamualaikum,

Yeay! Affan sudah 17 bulan sekarang. Walau masih dalam tahap recovery dari batuk pileknya tapi alhamdulillah dia terlihat ceria dan aktif seperti biasanya :) 

Nah barusan ngecek kuesioner praskrining di tumbuhkembang.net dan nampaknya saatnya ngecek-ngecek stimulasi apa yang harus gue apply ke Affan dalam rentang usianya sekarang (15-18 bulan). 

Gerak Kasar
Stimulasi yang perlu dilakukan :

1. Berjalan mundur (APPLIED, anaknya udah gape banget jalan mundur -_-)
2. Berjalan naik dan turun tangga (APPLIED)
3. Berjalan sambil berjinjit (APPLIED)
4. Menangkap dan melempar bola (APPLIED)
5. Bermain di luar rumah (Nah, Affan belum sering main diluar rumah, belum sempet huhu. EH! Tapi mall luar rumah dong?? *maksa)
6. Bermain air (APPLIED walau cuma pas mandi)
7. Menendang bola (ON PROGRESS. Ayahnya masih ngajarin dan Affan masih belajar)

Gerak Halus
Stimulasi yang perlu dilakukan :

1. Bermain dengan balok-balok (APPLIED di daycare)
2. Memasukkan benda yang satu ke, dalam yang lainnya (APPLIED)
3. Menggambar dengan krayon, pensil atau dengan jarinya. (APPLIED)
4. Meniup (APPLIED)
5. Membuat untaian (NOT YET)

Bicara dan Bahasa
Simulasi yang perlu dilakukan adalah : 

1. Tunjukkan kepada anak buku dan bacakan setiap hari (APPLIED)
2. Nyanyikan lagu atau sajak untuk anak (APPLIED)
3. Ajari anak menggunakan kata-kata dalam menyatakan keinginannya (ON PROGRESS)
4. Bercerita tentang gambar di buku/majalah (APPLIED)
5. Telepon-teleponan (APPLIED)
6. Menyebut berbagai nama barang (ON PROGRESS)


Sosialisasi & Kemandirian
Stimulasi yang perlu dilakukan adalah : 

1. Bujuk dan tenangkan anak ketika rewel (APPLIED)
2. Buai anak dengan penuh kasih sayang, nyanyikan lagu sampai anak tertidur (APPLIED)
3. Biarkan anak membuka bajunya sendiri, beri bantuan sesedikit mungkin (ON PROGRESS)
4. Bermain dengan anak menyembunyikan mainan dan menemukannya kembali (APPLIED)
5. Ajak anak mengunjungi tempat bermain, kebun binatang, lapangan terbang, museum, dan lain-lain (ON PROGRESS)
6. Ajak anak makan bersama-sama anggota keluarga lainnya (APPLIED)
7. Memeluk dan mencium (APPLIED, surga banget rasanya dicium peluk sama Abang)
8, Membereskan mainan/membantu kegiatan di rumah (ON PROGRESS)
9. Bermain dengan teman sebaya (APPLIED, thanks to daycare deh)
10. Permainan baru, seperti main kejar-kejaran, putar-putaran dan lain-lain (NOT YET)
11. Bermain petak umpet (NOT YET)


Nah! Jadi PR gue sebulan kedepan adalah : ngajarin Affan membuat untaian, ngajak main diluar rumah, ngajak main puter-puteran, kejar-kejaran dan petak umpet. Okaaaay kiddo, let's do this ya! Wish me luck dan sehat selalu Abang! :*




Kisses,

0 comments:

Post a Comment