Tuesday, December 02, 2014

Drama Daycare

Assalamualaikum,

Wah ga kerasa sudah bulan Desember lagi sekarang. Dengan tibanya bulan Desember ini, berarti genap 3 bulan sudah Affan di daycare setiap hari kerja. Tiba-tiba jadi flashbacking ke awal September lalu, pas awal-awal Affan masuk daycare

And it was September 1,

Inget banget, 1 September 2014 itu hari Senin, ketika gue dan suami udah bulet mau masukin Affan ke daycare aja. Sebab ga ada pengasuh, males cari pengasuh baru dan gue tetep masih harus kerja. Sabtu sebelumnya kita udah survey lokasi daycare dan 1 September gue langsung bayar uang pangkal daycarenya. Obrol-obrol sama suami, yaudah deh 1 September ini Affan mulai di daycare aja, karena gue udah ga bisa izin berlama-lama lagi dari kantor. Rencana gue adalah gue ga masuk dulu 1 September ini, dan akan mantengin Affan di daycare. Selasa baru akan gue lepas sendiri.

Malam sebelumnya gue udah nyiapin tas Affan untuk perbekalan selama dia seharian di daycare. 1 tas isi baju 3 stel, diapers, toiletries dan 4 porsi susu. Tas 1 nya lagi gue isi makan siang Affan dan snack plus botol minum. Pas tidur malem dibisikin "Affan besok di daycare ya, Affan belajar dan main sama temen-temen disana ya". Jujur gue pun galauuuuu banget malem itu. Tapi ya kata temen-temen di BC, ini proses kok dan pasti akan gue alamin kapanpun. Kalo ga sekarang ya nanti pas dia masuk sekolah gue dan ibu-ibu yang lain pasti akan  ngerasain kegalauan ini.

Dan ternyataaaa, hari pertama Affan di daycare sangatlah anti klimaks. Anaknya langsung gandengan sama gurunya, langsung heboh sama mainan, daaaaan ga noleh-noleh nyariin emaknya sama sekali zzzz. Akhirnya gue nungguin dia di daycare sampe jam 10 doang, selebihnya gue tinggal ke mall. Selama di mall gue tetep Whatsappan sama si resepsionis yang dibawah, dan minta fotoin Affan juga. Ternyata eh ternyataaaa, dia lagi tidur siang di daycare. Sedikit lega deh dia bisa tidur di hari pertamanya. Isi buku penghubungnya di hari pertama, Affan adaptasinya baik sekali hari pertama itu. Mau makan, mau main, mau tidur walau masih sesekali nyariin Mommynya.

Hari pertama lancar. Hari kedua? Dramaaaaa dimulai hahaha.
Jadi, sejak hari kedua sampe hari ke dua puluh, Affan selalu nangis tiap dijemput sama jemputan daycarenya. Tiap liat gurunya di depan pager langsuuung meluk gue makin kenceng. Hati kacau balau sih sebenernya, tapi gue inget kata gurunya, kalo gue mau Affan cepet beradaptasi, gue harus total. Guenya ga boleh setengah-setengah ngelepas dia. Dan inilah the hardest partnya buat gue. Akhirnya gue pun memantapkan hati untuk 'tega' sama Affan. Walau dia nangis ya tetep, Affan harus masuk mobil dan berangkat ke daycare.

Dan selama 20 hari pertama Affan di daycare, selain drama pas di jemput, Affan juga susah makan, ga mau main sama temennya, dan disana dia ngintilin gurunya terus. Kalo dipegang sama temennya nangis, kalo gurunya ke toilet atau bantu anak lain nangis juga. Berkali-kali juga gue tulis di buku penghubungnya, mohon sabar sama Affan karena ini ya proses baru banget untuk dia. Ditinggal di tempat yang dia gak tau sebelumnya dan ga kenal siapa-siapa.

Dan alhamdulillah, drama Affan cuma 20 hari. Hari kedua puluh satu dia udah ga nangis lagi kalo dijemput. Disana pun udah mau main sama temen-temennya dan udah ga ngintilin gurunya terus. Sesekali masih nangis dibuat-buat sih kalo dijemput hari Senin. Mungkin karena efek abis weekend.



Glad to see Affan now. He wakes up every morning with big grin on his face. Sekarang tiap pagi udah biasa, udah tau harus ke daycare. Bangun pagi langsung turun tempat tidur cari sepatu hahahaha. Susah sekali memang untuk gue, suami, dan Affan tentunya dalam melewati fase awal yang kaya gini. But hey we did it! *high five*

Love,

6 comments:

  1. Saya jadi inget sama ponakan saya ini mbak. Dulu, waktu di tinggal ibunya kerja, nangisnya bikin saya pilu. Tp lama kelamaan dia emg udah adaptasi sm saya dan neneknya walopun kdg masih suka nangis diem-diem pas nggak ada Ibunya.

    Dan sekarang, hal itu semakin bikin saya nggak tegaan kalo ninggalin anak jadinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe anak anak kita itu sebenernya kuat dan hebat kok mbak :) dan ya emang ga gampang utk ngelepas pertama kali hehe tapi semuanya proses adaptasi aja kokk hehe

      Delete
  2. Hi dyt, anak ku baru mulai hari ini daycare di usia 15,5 bulan. Nah dapat kabar dari caregivernya, dia makannya sedikit. Affan waktu awal daycare juga gitu gak?Beratnya sampe turunkah?terus gimana ngakalin affan kemarin selama 20 hari drama daycare itu terutama soal makannya dikit itu?makasi ya dytaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai cor :)
      Iya Affan sempet susah makan kok, makanannya sering gak abiss tapi ga sampe turun BBnya sih. Waktu itu gue sempet kasi tau si gurunya aja, Affan biasanya makan seperti apa kebiasaannya. Dan diwanti-wanti banget gurunya untuk tetep sabar dan jangan dipaksa cor. Lama lama alhamdulillah mau makan disana, malah kebolak kalo sama gue sekarang agak drama kalo dia ga lapar2 banget -_-

      Delete
  3. Hai Mami Affan,
    Thanks for sharing pengalamannya di daycare. Sekarang baby ku dititip di tempat yang sama kayak Affan dan jadi anak bontot disana..hehe
    Salam buat Affan yaa..lucu bgt pas bilang "ondeng..ondeng" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHA halooo, ini Mamanya siapa yah btw? Salam kenal yaaa

      Delete