Tuesday, March 08, 2016

Perlengkapan MPASI Kianna

Assalamualaikum,

Begini ini yang bikin galau. Kok rasanya waktu cepet banget berlalu yah? Perasaan baru kemaren saya melahirkan Kianna dan latihan menyusui di rumah sakit. Terus sekarang kok udah bulan Maret? Bulan Maret artinya Kianna akan mulai solid foodnya bulan ini. HAAAAAAAA Kianna udah mau makan?! *emak-emak drama queen*

Memberikan MPASI selalu punya cerita sendiri buat saya. Pas zaman Affan, saya seratus persen semangat banget menghadapi masa MPASI. Alhamdulillah sekarang semangat saya belum surut. MPASI selalu menyenangkan buat saya. Semoga rasa menyenangkannya tertular ke Kianna jadi makannya bisa optimal.

Persiapan saya menghadapi MPASI Kianna kali ini bisa dibilang hampir sama aja kaya persiapan Affan pas MPASI dulu. Pas zaman Affan saya ikut seminar MPASI oleh dr. Tiwi untuk cari tau MPASI baiknya seperti apa menurut pandangan mata seorang dr. Tiwi. Kali ini saya pun kembali mencari referensi, artikel, buku dan banyak sharing tentang MPASI. Saya buka lagi video rekaman seminarnya dr. Tiwi dari YouTube, saya baca lagi handouts dan bukunya. Saya juga buka lagi folder MPASI Rumahan saya yang isinya ratusan resep dan bacaan penting dari Komunitas Mama Koki Handal. Bacaan saya pun nambah lagi dengan sok baca bukunya Annabel Karmel plus softcopy panduan MPASI dari WHO. Yah namanya juga jadi ibu ya, jadi ibu kan butuh proses belajar terus menerus. 

Setelah me-refresh kembali ingatan saya, saya dihadapkan pada pilihan akan pakai aliran MPASI yang mana untuk Kianna. Setelah pemikiran panjang akhirnya saya memutuskan akan pake aliran semau saya sendiri aja untuk MPASI kali ini. Saya mengcombine aliran WHO dan BLW, tapi lebih banyak menggunakan prinsip food combining seperti pada masa Affan dulu. Food combining sudah terbukti baik saya terapkan ke Affan karena dulu BBnya selalu baik.

Selesai menetapkan aliran yang akan saya terapkan, saya mulai nyusun jadwal MPASI Kianna. Beberapa kali saya ngerubah schedule Kianna karena terlalu banyak baca dan denger ini itu. Sampai akhirnya saya ke DSA Kianna (DSA Affan juga). Pada intinya dia bilang saya sudah oke dengan apa yang saya terapkan ke Affan dulu Kenapa sekarang tiba-tiba ragu? Errrrrr *ngumpet di kolong meja* 


Dan the best part dari persiapan MPASI ini sudah jelas adalaaaaah bagian belanjanya haha. Kali ini saya ga terlalu banyak bebelian sebenernya, tapi yah yah yah tetep beli sih walau ga sebanyak pas Affan dulu. Untuk MPASI Kianna ini, perkakas-perkakas yang saya gunakan sebagai berikut :

Skiphop Zoo Plate, Bowl, Bottle Straw Unicorn
Untuk piring makan dan mangkuk kali ini saya cobain punyanya Skiphop. Ga tahan sama warnanya yang unyu-unyu hahahaha. Bottle Strawnya juga saya pilih Skipop, karena Affan pake enak banget, porsi minumnya juga pas lah untuk Kianna sampe setahunan.


Tommee Tippee Heat Sensor Spoon
Dulu pas Affan punya ini tapiiii sekarang udah entah dimana. Sendok Tomtip ini nyaman sih saya makenya. Ada indikator panasnya juga, jadi ga perlu deh tiup-tiup makanan panas yang sebenernya justru bikin hal-hal ga baik masuk ke makanan :)


Philips Avent Toddler Big Bowl 12+
Beli ini untuk tambahan mangkuk Kianna aja kalo porsinya udah banyak nantinya.


Dr. Brown's Food Storage Pods & Stackable Freezer Tray
Pods ini nantinya saya gunakan untuk simpen kaldu atau puree beku atau gravy kalau ternyata kepepet ga sempet bikin makanan fresh tiap pagi. Podsnya juara banget karena terbuat dari bahan silikon yang BPA Free tentunya. Ngelepas kaldu beku jadi lebih gampang.


Dr. Brown's Divided Plate
Piring sekat ini gunanya untuk menyajikan makanan Kianna dan dipisah-pisah antara karbo, lauk dan sayurnya. Piringnya lucu banget dan porsinya pas buat baby.



Doidy Baby Cubes 70 ml, 40 ml dan 140 ml
Fungsinya sama kaya freezer pods dari Dr. Brown's. Baru punya yang 70 ml dan 40 ml, next akan nambah yang 140 ml.


Dr. Brown's Training Cup 6m Soft Spout
Beli ini untuk step pertama Kianna belajar mengenal media untuk minum selain botol susu. Dulu Affan melewati step ini karena anaknya langsung bisa minum pake gelas dan sedotan.


Kuku Duckbill Straw Cup
Beli ini untuk Kianna latihan minum menggunakan sedotan. 


Tupperware Petit Ichigo
Ini adalah hasil keracunan dari birth clubnya Kianna. Tapi ya gapapa deh buat alternatif tempat makan pas bepergian, setok kaldu atau untuk ganti-ganti piring makan *ALASAN


Glasslock Yum Yum Baby Food Container 150 ml
Beli ini karenaaaa nampak sangat berguna untuk wadah kukus atau wadah baking makanan Kianna. Ada tutupnya juga, jadi insya Allah oke juga untuk simpen makanan Kianna.


FĂ–RTROLIG IKEA Food Container
Beli ini untuk wadah kukus atau baked juga, tapi ukurannya lebih besar. Selain itu, glassware ini juga kedap udara, jadi makanan yang disimpen disini rasanya akan aman.



ISTAD IKEA Plastic Zipper Bag
Beli ini untuk simpen bahan makanan didalam kulkas supaya ga cepet rusak dan terkontaminasi bahan makanan yang lain.


Takahi Slow Cooker 1,2 L
Beli ini lagi karena Takahi Affan udah pecah tutupnya. Takahi ini gunanya untuk membuat bubur atau tim nasi dengan proses slow cooking alias memasak secara perlahan agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.


Babymoov Nutribaby 
Saya udah jatuh cinta pada pandangan pertama sama Nutribaby ini. Soon akan saya review terpisah deh soalnya ini beneran oke bangeeeet. A must have items for working moms!


Selain barang-barang diatas, alhamdulillah ada peninggalan alat MPASI Affan yang masih sangat layak dipakai. Diantaranya adalah Informa Feeding Chair, Puku Nursery ContainerPigeon Foodmaker, Doidy Cup, Tommee Tippee Twin Taste Set, Philips Avent Travel Feeding Set, dan beberapa utensils macam bibs, talenan, pisau, dan wadah kukus. Paling nanti nambah food jar aja karena lagi kepengen food jar nya Skiphop *emak emak problem!






Yeaaaay! Perlengkapan insya Allah udah cukup. Semoga Kianna makannya semangat. Bismillah little girl, let's nail it!

Love,
Dyta Putri

6 comments:

  1. Mbak. Barang2nya mahal2 banget.
    Orang Kaya yaa.
    Coba kasih yang harganya terjangkau dong sm ibu2 biasa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Anonymous!

      Terima kasih udah mampir yahh. Alhamdulillah Mbak ada rezekinya untuk beli peralatan MPASI diatas. Lagian ga semuanya beli kok ada kado juga. MPASI sebenernya simpel kok, gausah bebelian ginian juga gapapa. Pake yang ada di dapur aja juga gapapa mba ga harus memaksakan beli ini itu. Nanti kalo ada referensi yang lebih terjangkau saya email aja, tapi alamat email mba ga ada nih hehe. Atau WA aja saya di 0811181176 gapapa kok kalau memang mau tanya tanya :)

      Delete
  2. wow keren......
    yang komen diatas sirik ya..................

    ReplyDelete
  3. hai mbak anonymous, percayalah rejeki anak mah ada aja...banyak banyak bersyukur ya :)

    Selamat mamam Kianna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiin mbak Hon. Beneeer rezeki sudah diatur. Selamat makan juga Dre! :*

      Delete
  4. Halloo Mommy Affan,

    Kiana sudah mulai mpasi kah?
    saya masih belum dapet tricknya bikin mpasi sblm berangkat kerja. Masih telat terus masuk kantor..hahaa
    Btw,anak saya di daycare yang sama dengan Affan..Kalau Affan gimana bawa mpasinya waktu awal2 makan?

    ReplyDelete