Monday, March 28, 2016

Seminar Parenting & Workshop #SiapCerdaskanBangsa with Morinaga

Assalamualaikum, 

Menghadapi persaingan global yang nantinya akan dihadapi generasi anak-anak kita, saya mulai menggali informasi dan belajar banyak hal mengenai apa yang sekiranya bisa saya lakukan untuk membantu anak-anak saya survive di masa mendatang. Saya semaksimal mungkin berusaha membekali anak-anak saya sedari dini agar kelak mereka bisa bersaing.


Haruskah sedari dini? Harus. Hal ini tentunya didasari oleh keinginan setiap orang tua yang pasti mendambakan anak-anaknya sehat dengan tumbuh kembang berkualitas optimal. Riset Kedokteran saat ini telah mencapai titik kesepakatan yang berbasis bukti ilmiah, yakni:
Kualitas jangka panjang seorang manusia ditentukan oleh berbagai kejadian penting selama periode 1000 hari pertama kehidupan.

Para ahli kedokteran Anak menunjukkan bahwa terdapat 3 rentang periode penting untuk membentuk generasi anak yang berkualitas, yaitu :

1. Periode Janin dalam kandungan (konsepsi sampai dengan lahir): 280 hari. Berbagai peristiwa sangat penting terjadi di periode pertama ini, yaitu terjadinya pembentukan organ-organ utama manusia seperti: otak, jantung, paru, hati, ginjal, organ indera mata-telinga-hidung, dsb. Jika terjadi gangguan pada periode ini akan berdampak negatif seumur hidup. Pembentukan dan perkembangan otak merupakan salah satu yang terpenting juga. Peningkatan volume otak mulai dari 260% pada 100 hari sampai 9 bulan. Ibu harus memeriksakan kandungannya secara berkala dengan standar medis yang dinamakan ANC (Ante Natal Care) agar proses ini terjadi dengan optimal.


2. Periode lahir sampai dengan usia 6 bulan: 180 hari. Periode kedua layaknya "pintu" antara dunia dalam kandungan dan dunia luar si kecil. Di sinilah periode terbaik untuk membentuk jaringan sirkuit otak yang nantinya digunakan untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah Ibu menyusui ASI ke bayi. Bayi yang mendapat ASI segera setelah lahir mempunyai kesempatan terbaik untuk belajar memfungsikan berbagai organ vital-nya secara mandiri.
3. Periode usia 6 bulan sampai dua tahun: 540 hari. Pada periode ini organ tubuh anak yang telah terbentuk di periode sebelumnya akan mulai berfungsi. Gangguan pembentukan organ dalam periode ini dapat berakibat menetap seumur hidup. Pada saat baru lahir struktur otak anak masih sekitar 25%, namun pada hari ke 1000 telah mencapai 80% struktur orang dewasa. Sehingga pondasi dasar kemampuan manusia harus sudah tersusun dengan baik pada periode ini, antara lain: kemampuan fisik, komunikasi verbal, kompetensi sosial dan bahkan pelajaran tentang norma. Selain itu, bukti ilmiah kedokteran saat ini menyimpulkan bahwa sebagian besar penyakit metabolik - degeneratif pada usia dewasa (misalnya penyakit jantung koroner, diabetes, obesitas, alergi, dsb.) sebaiknya telah diprogram sejak usia dini 1000 hari pertama kehidupan manusia. 

Dengan berbagai peristiwa tersebut, maka disimpulkan bahwa : Masa 1000 hari pertama kehidupan anak akan menjadi "jendela kesempatan" (window of oppo yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Dan bila kesempatan ini dipergunakan dengan baik, maka inilah periode terbaik untuk membentuk anak yang berkualitas. 


Keberhasilan anak dalam mengarungi 1000 hari pertama kehidupannya ditentukan oleh dua faktor utama, yaitu :
  • Optimalisasi Pemenuhan Nutrisi. Asupan nutrisi pada 280 hari pertama di dalam kandungan sepenuhnya tergantung asupan makanan Ibu melalui plasenta. Ibu harus selalu berada pada status nutrisi yang baik pada saat sebelum dan selama hamil, yang selanjutnya pada 180 hari pertama setelah lahir nutrisi terbaik dipenuhi melalui pemberian ASI ekslusif. Pada 360 hari terakhir, ASI diteruskan dan didukung oleh berbagai variasi makanan yang kaya gizi untuk tumbuh kembang. Dan pada akhirnya pemenuhan nutrisi yang optimal selama 1000 hari pertama berpengaruh untuk pencegahan munculnya penyakit di usia dewasa atau dengan istilah Non Communicable Diseases (NCDs). Kondisi di Indonesia saat ini menunjukkan bahwa adanya gangguan nutrisi anak dibawah 5 tahun ternyata tidak hanya dalam konteks kekurangan saja, tetapi sebaliknya anak dengan kelebihan nutrisi juga mulai mengancam. Untuk itu optimalisasi nutrisi yang diprioritaskan pada kelompok tersebut bukanlah tanpa alasan, bila terjadi kekurangan atau kelebihan nutrisi dapat diketahui dan diatasi sejak dini. 
  • Intensifikasi stimulasi dini. Mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil, bukan satu-satunya hal yang penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan kecerdasannya. “Karena otak dan daya tahan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik, maka pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan nutrisi, terutama selama 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) Si Kecil,” jelas DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo / FK Unair Surabaya. Perkembangan anak akan mencapai periode emas pada 1000 Hari Pertama Kehidupannya dan dalam periode ini, sel otak dapat berkembang hingga 80% dari potensinya. Hal ini menandakan bahwa pemberian nutrisi dan stimulasi, menjadi kunci utama untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak. 
Dalam mendukung pengembangan potensi Si Kecil menjadi Generasi Platinum, yaitu anak-anak yang siap menghadapi masa depan dengan bekal fisik yang sehat dan kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual, Morinaga, di bawah Kalbe Nutritionals, tahun 2015 lalu melansir MoriCare+ Prodiges yang merupakan sinergi antara nutrisi dan stimulasi. Kerjasama dengan Morinaga Research Center Japan, telah menghasilkan sinergi nutrisi untuk mendukung kecerdasan multitalenta (brain care), memberikan pertahanan tubuh ganda (body defense), mendukung tumbuh kembang optimal (body growth) serta mendukung kebutuhan nutrisi Si Kecil. Sementara untuk sinergi stimulasi, MoriCare+ Prodiges memiliki modul stimulasi digital berjudul Multiple Intelligence Play Plan atau MI PlayPlan, untuk mendukung para orangtua dalam mengenali dan mengembangkan potensi Si Kecil. Cerita saya dalam menstimulasi Affan melalui Morinaga MI PlayPlan bisa dibaca disini yah.











Sebagai kelanjutan dari peluncuran MoriCare+ Prodiges sebagai sinergi antara nutrisi dan stimulasi, untuk meningkatkan pengetahuan Bunda akan arti dan pentingnya stimulasi anak, Morinaga meluncurkan Gerakan #SiapCerdaskanBangsa melalui www.siapcerdaskan.com.



Gerakan #SiapCerdaskanBangsa adalah sebuah gerakan dedikasi Morinaga untuk stimulasi dini anak, mengingat pentingnya stimulasi selama 1000 hari pertama kehidupan, terutama untuk perkembangan otak Si Kecil. Wujud dukungan Morinaga berupa fasilitas digital SiapCerdaskan.com, berisi informasi mengenai pentingnya  nutrisi dan stimulasi anak pada 1000 Hari pertama Kehidupan (1000 HPK).

Demi meningkatkan pemahaman para ibu akan pentingnya memberikan stimulasi sejak dini, setiap klik/kunjungan ke website akan dikonversi ke dalam nilai rupiah selama periode kampanye (April s/d Juni 2016) dan pada akhir periode, jumlah klik/rupiah yang terkumpul akan didonasikan untuk rehabilitasi sekolah di daerah lewat Yayasan ASA (Act, Serve, Aspire).

Gerakan ini juga akan didukung oleh Gerakan 1000 Hadiah Pertama, yaitu program pengumpulan donasi berupa buku dan mainan anak sebagai alat stimulasi perkembangan otak, kepada anak-anak yang membutuhkan. Siapapun bisa mendonasikan buku layak pakai dan mainan edukatif pada Morinaga Parenting Seminar Roadshow “Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini” dan mall to mall event: Dunia Generasi Platinum, bulan April s/d Novermber 2016 di 15 kota. 

Nah, kebetulan sekali event Morinaga Parenting Seminar Roadshow yang pertama akan diadakan di Jakarta, tepatnya di Mall Kota Kasablanka pada Sabtu, 2 April 2016 besok sekitar jam 08.00-15.00 WIB. Disana akan ada seminar dan workshop mengenai stimulasi tumbuh kembang anak oleh DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) (Dokter Ahli Tumbuh Kembang Anak)  dan DR. Dr. Anang Endaryanto SpA(K) (Dokter Ahli Alergi - Imunologi Anak). Selain itu juga ada seminar mengenai kiat pola asuh anak dengan pembicara Dr. Rose Mini A.P. M.Psi. Huaaaaaaah saya sih excited banget dan merasa perlu banget untuk hadir.


Yuk yang ada waktu luang dan ingin sekali memaksimalkan diri dalam mempersiapkan anak agar menjadi Generasi Platinum yang dapat bersaing di masa mendatang, silakan registrasi disini yah. Atau for further info bisa cek ke Facebook: Morinaga Platinum, Twitter: @MorinagaID, Instagram: @MorinagaPlatinum.

Sampai bertemu hari Sabtu yah Moms! Yang besok ikutan yuk janjian ketemuan!

See you!
Dyta putri

0 comments:

Post a Comment