Wednesday, September 24, 2014

Affan-ography : 15 mos


Assalamualaikum,

Alhamdulillah 13 September 2014 lalu Affan genap 15 bulan. Thank God Affan sehat, cuma sempet batuk pilek aja kemarin ketularan Ayahnya huhu.

Di 15 bulan ini, gue akhirnya salut banget sama apa yang dia dapet dan pelajarin di daycare. Udah bisa peluk Mommynya sekarang, dan udah bisa makan sendiri walau berantakan. Perkembangannya yang paling signifikan adalah vocabnya nambah beberapa. Vocab barunya adalah : cacum (assalamualaikum), mimi' (minum), cucuw (susu), cicak, auu' (bau), aiii' (lari), bapak. Nah, udah lumayan banyak vocabnya sekarang. Fiyuuuuhhh kayanya think twice deh untuk ke fisioterapis. 

Teruuus emm, giginya udah makin banyak sekarang. Geraham udah pada keluar empat-empatnya. Makannya masih tricky udah agak mau dan ngunyahnya cepet banget sekarang hehehe.

Selain itu ya, sekarang dia hobi banget ngoceh dan masi aktif seperti biasa sih. Oh ya, kata guru-gurunya di daycare, Affan ini keliatan hobi banget denger musik dan nyanyi. Kalo denger musik, dia pasti lari kedepan joget-joget depan speaker :D Selain itu di daycare dia sering main lego, main flash card, belajar kosakata, menempel, mewarnai juga. Daan Affan udah mulai belajar toilet training di daycare, walau masih belum bisa sih karena masi umur 15 bulan juga.

Terus kemarin sempet cek perkembangan Affan pake KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) dari tumbuhkembang.net .. Dan ini poin poinnya :

  1. Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup, panci tidak ikut dinilai. (AFFAN : YA)
  2. Apakah anak dapat jalan sendiri atau jalan dengan berpegangan? (AFFAN : YA)
  3. Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan atau melambai-lambai? Jawab TIDAK bila ia membutuh kemandirian kaq bantuan. (AFFAN : YA)
  4. Apakah anak dapat mengatakan “papa” ketika ia memanggil/melihat ayahnya, atau mengatakan “mama” jika memanggil/melihat ibunya? Jawab YA bila anak mengatakan salah satu diantaranya. (AFFAN : YA)
  5. Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik? (AFFAN : YA)
  6. Dapatkan anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama 30 detik atau lebih? (AFFAN : YA)
  7. Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali? (AFFAN : YA)
  8. Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan. (AFFAN : YA)
  9. Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung? (AFFAN : YA)
  10. Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari seperti pada gambar ini. (AFFAN : BELUM CEK)

Syukurlah perkembangan Affan sudah masuk kategori sesuai tahapan perkembangannya dengan menjawab YA di 9 pernyataan. Tinggal ngecek poin terakhir dan amaaan sampe 18 bulan ya bang hehe.




Kedepannya tetep mau fokus banyakin vocab dia, toilet training sampe bener dan mulai belajar menyapih dari botol susu. Bismillah semoga bisaaaa! Sehat, bahagia dan selalu dilindungi Allah ya Abang :*




Love,

0 comments:

Post a Comment