Tuesday, September 08, 2015

2nd Pregnancy : 37 Weeks

Assalamualaikum,

Jumat malem lalu, gue balik lagi ke SpOG untuk cek kehamilan gue yang udah masuk 37 weeks (38 menurut dr. Sofani Munzila). Harap harap cemas kontrol kali ini karena dijadwalkan untuk cek dalem lagi. Tapi gue lebih khawatir kepalanya anak bayi bakal naik lagi sih hahaha.

FYI, di kehamilan kedua ini berat badan gue baru naik sekitar 7 kg. Girang bukan main hahaha. Cek tensi alhamdulillah normal 130/90. Dan sampe dalem ditanyain udah mulai mules apa belum, gue jawab mules udah tapi intensitasnya masi berantakan banget. Setelah di USG, alhamdulillah kepalanya masi dibawah, berat badannya juga masi ga jauh beda dari minggu lalu. Kepalanya udah mulai masuk sebagian jadi lingkar kepalanya susah diukur secara akurat. Pas kepegang sama dokternya, gue kontraksi kenceng banget sampe akhirnya dokternya kepo mau liat kontraksi gue kaya apa. Akhirnya dirujuklah gue ke lantai 2 untuk CTG. 

Sampe atas, pertama kalinya masuk Verlos Kamer (Ruang Bersalin). Nampak tidak sehoror Operatie Kamer (Ruang Operasi) sih dia hehe. Pas di CTG, ternyata hasilnya jelek banget. Detak jantung janin meningkat di kisaran 170-190 dan kontraksi gue terus menerus. Akhirnya sama bidan disuruh minum teh manis dan susu dulu, karena kemungkinan penyebabnya adalah gue terahir makan memang makan siang. Setelah minum teh dan susu, detak jantung janin tetep ga berubah, nangkring terus di 180 bpm -_-. Bidan kemudian masang oksigen dan gue disuruh ubah posisi tidur jadi miring ke kiri. And it didn't work either.


Sempet ketakutan kalau-kalau si bayi mengalami gawat janin atau semacamnya dan harus dilahirkan segera. Tapi untungnya bidan RSMK Depok santai dan nenangin banget, mereka nyuruh gue untuk coba makan dulu dibawah sampe kenyang, lalu nanti naik lagi untuk CTG ulang. Karena instruksi dr. Sofani adalah sebelum DJJ normal, gue ga boleh pulang. Oh no!


Hasil CTG pertama

Akhirnya gue, suami dan Affan yang udah mulai ngantuk turun kebawah. Gue makan roti sampe kenyang mau muntah rasanya, karena sesungguhnya perut udah begah banget. Kelar makan, langsung naik lagi ke ruang bersalin untuk CTG ulang. Alhamdulillah setelah makan, detak jantung janin normal lagi. Masya allah anak bayi lapeeeer x_x. Yaaa abis biasanya kontrol cepet ini malah ditahan di kamar bersalin ya gimana mau makan kan hiks!


Hasil CTG kedua

Setelah bidan memastikan semua oke dan lapor ke dr. Sofani, baru gue diizinin pulang sama beliau. Oh ya, selama gue CTG itu kerekam kontraksi gue yang angkanya lumayan tinggi dan biasanya adalah labor sign karena sudah diatas 40. Hanya intensitasnya aja yang gue kurang peka. Huaaaaaaa! Hang on yaaa anak bayikkk, sabar sebentar lagi Naaaaak :* Gak sabar untuk kontrol berikutnya karena akan cek dalem lagi, semoga sudah ada pembukaan. Amiiiiien. Doakan kami yaaaa ;)

Love,
Me.






1 comment:

  1. hwaaaa aku bacanya excited sendiri masaa! semoga sehat selalu yaa kak dan bayinya, semoga lancar semuanya :))

    ReplyDelete