Friday, April 01, 2016

Manajemen MPASI Kianna

Assalamualaikum,

Memasuki masa MPASI ini buat saya adalah masa-masa yang seru. Kenapa seru? Saya excited aja setiap masa MPASI datang, karena MPASI merupakan satu fase baru dan sangat penting dalam kehidupan seorang anak. Pada masa ini, anak diperkenalkan dengan makanan padat pertamanya setelah selama 6 bulan hanya mengkonsumsi ASI saja. Untuk saya sendiri, MPASI sama pentingnya dengan memberikan ASI. Maka dari itu, saya gak boleh main-main atau setengah-setengah dalam memberikan MPASI ini.

MPASI Kianna ini sangat berbeda kondisinya dengan saat saya memulai MPASI Affan. Ketika MPASI Affan, saya punya banyak waktu lebih untuk masak makanan dia setiap hari dengan lumayan santai.  Saya dulu biasa bangun jam 5 untuk nyiapin MPASI Affan lalu berangkat kerja jam 06.30 pagi. Sekarang keadaannya berubah. Waktu senggang saya tidak sebanyak dulu. Saya berangkat kerja jam 05.30 dan saya harus masak makanan Kianna plus Affan sekaligus.

Lalu bagaimana? Saya tetap harus masak untuk Kianna. Kianna harus makan makanan saya. Mungkin terdengar saklek, tapi ya begitulah saya haha. Saya pengen aja makanan yang masuk ke perut Kianna adalah hasil olahan tangan ibunya. Dan saya ga mau membeda-bedakan anak. Masa pas Affan saya rajin masak, pas Kianna enggak. 

Semuanya memang nampak impossible pada awalnya. Karena saya pulang kantor itu jam 16.40 dari Cikarang, dan sampai rumah sudah jam 19.15. Saya berusaha untuk tetap menyajikan makanan fresh setiap pagi. Sesampainya dirumah biasanya setelah bersih-bersih saya tetap main dengan Affan - Kianna sampai mereka tidur. Setelah keduanya tidur baru saya mempersiapkan bahan bahan makanan Kianna untuk dimasak menggunakan slow cooker. Keesokan paginya saya bangun jam 03.00 untuk menghaluskan dan menyaring bubur hasil olahan slow cooker kemudian membuat puree buah untuk sarapan dan cemilan Kianna. Setelah selesai menyiapkan MPASI Kianna saya biasanya membuat bekal untuk Affan ke daycare. Capek dan ngantuk? Iya banget tapi alhamdulillah ketutup semuanya karena udah nawaitu dari awal untuk konsisten demi anak-anak.

Lalu bagaimana dengan makanan Kianna yang saya siapkan dari subuh? Awetkah sampe siang atau sore? Tidak berubah rasakah? 

Hal ini sempat membuat saya khawatir tapi alhamdulillah dapet info dari temen tentang Munchkin Love A Bowl ini. Munchkin Love A Bowl ini desainnya super unyu banget. Dalam satu paket terdapat 3 buah mangkok plus 2 buah sendok silikon dengan warna yang eye catchy. Mangkok ini sudah BPA Free jadi aman banget untuk dipakai didalam dishwasher, microwaveoven, freezer atau untuk menjadi wadah kukus. Yang saya suka lagi adalah mangkok ini disertai dengan tutup yang udah 100% guaranteed spill-proof, leak-proof, dan break-proof. Mangkok dan tutupnya bekerja dengan sangat baik, super rapat dan kedap udara. Makanan jadi bisa dibawa kemanapun tanpa khawatir terbolak-balik dan tumpah. Selain itu, mangkok ini pas banget untuk porsi sekali makan Kianna. Jadiii, setelah selesai menghaluskan makanan Kianna, saya bagi ke mangkok mangkok Munchkin ini. Setelah uap panasnya hilang, baru saya tutup. 2 mangkok langsung saya masukkan kulkas, satu mangkok saya taruh luar untuk sarapan Kianna. Untuk menghangatkannya kembali juga gampang, tinggal buka tutupnya dan masukin ke oven atau steamer atau penghangat nasi. 




Munchkin Love A Bowl ini harganya lumayan mahal tapi worth every penny. Saya dapet mangkok ini dengan harga paling murah di Asibayi.com. Selain beli Munchkin Love A Bowl dan sendoknya, saya juga beli Dr. Brown's Feeding Bowl disana. Saya udah lama naksir mangkok Dr. Brown's ini karena desainnya lucu dan simpel. Mangkuk ini memiliki kecekungan yang dalam untuk memudahkan proses makan dan meminimalisir makanan yang bercecer. Bagian bawah mangkuknya juga dilengkapi dengan anti slip sehingga mengurangi pergeseran mangkuk. Bahannya pun sudah BPA Free dengan kapasitas kurang lebih 300 ml. Gak perlu khawatir deh karena Dr. Brown's Feeding Bowl ini didesain khusus oleh pakar nutrisi dan ibu untuk mengajarkan kebiasaan makan yang sehat. Suka!



Sekalian mau cerita deh ya, Asibayi.com ini beneran one stop shopping solution banget untuk saya dari jamannya hamil Affan dulu. Jangan tertipu sama namanya yah, karena Asibayi.com tidak hanya menyediakan keperluan menyusui saja tapi hampir semua keperluan ibu dan bayi. Dari mulai keperluan breastfeeding, baby bottles, sterilizer and warmer, meal time, toys, cloth diapers, baby safety & health, baby wearing, baby gear, mom & family sampai obat herbal. Lengkap bangeeet dan harganya bersaing banget. 






Pelayanannya juga fast response banget, mbak mbaknya ramah sekali. Pengirimannya juga cepet, packagingnya amaaan. Saya pernah beli puluhan botol kaca untuk asi perah dan sampai dengan selamat tanpa lecet sedikitpun. 





Untuk bertransaksi di Asibayi.com gampang bangeeet bisa langsung aja hubungi kontak adminnya Asibayi.com. Saya sih udah kadung nyaman banget belanja di Asibayi.com karena super komplit barang-barangnya dan serba ada, jadi ga perlu pindah-pindah online shop lagi deh :)

Facebook : asibayi.com
Website : asibayi.com
Instagram : @asibayi


love,
Dyta Putri

6 comments:

  1. utk peralatan mpasi aku juga udh beli perlatannya mbak, walo anakku sndiri masih 1.5 bulan.. masih jauh sih tahap mpasinya ;p..dasar emaknya aja yg ga bisa tahan kalo liat barang2 lucu di olshop :D.. anakku yg pertama dulu mpasinya ga maksimal, krn babysitterku yg dulu ga jago bikin makanan mpasi.. jd kdg2 aku pesen dari tetangga yg memang jualan makanan mpasi bayi buatan sendiri, dan kadang2 beli bubur kyk milna dan kawan2nya itu -__-..Tapi anak kedua pgnnya sih murni bikinan rumah, kebetulan baby sitter yg skr lbh jago soal masak makanan bayi, jd aku udh semangat si mbak bisa nyediain mpasi yg sehat untuk si baby :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat masak mbaaaa, gampang2 kok. Di blog saya ini ada archive menu mpasi anak pertamaku kok lumayan utk ide resep hehehe :)

      Delete
  2. Hi Mba Dieta, keren banget sih bisa bangun jam 3 pagi...hebat! BTW, Kianna masih bangun malam2 untuk nyusu ga mba? Terus, kalau minum ASIP/Air/Jus pakai apa? Thankies...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jarang bangun Mbaa, kadang sekali kadang ga sama sekali hehe. Air putih masih disendokin, air jeruk juga. Kalau ASIP pake botol mbaaa :)

      Delete
    2. Huaa anakku (10 mo) masih bangun untuk nen 3x dari tidur malem sampai bangun pagi...jadi ngantuk bangeettt kalo pagi...hiks..Makasih balesannya :)

      Delete
  3. mba, bagi tips dong cara untuk mensterilkan peralatan makan minumnya? O ya, mba pake pengasuh atau kianna dititip di daycare juga? huhu galau. makasih mba

    ReplyDelete