Tuesday, March 25, 2014

Resep MPASI : Kakap Saus Keju (9m)

Assalamualaikum,

Yeay! Ikan laut kedua yang dicobain Affan adalah ikan kakap. Kenapa ikan kakap? Ya karena pas ke Carrefour, Mommy pertama liatnya ikan itu ikan kakap mengandung banyak nutrisi dan menyehatkan tubuh. Kandungan lemak sehatnya banyak, selain itu mengandung omega 3 dan asam lemak. 

Percobaan pertama, ikan kakapnya gue olah jadi ikan kakap saus keju dengan harapan Affan suka karenaa Affan suka banget keju. Dan walau awalnya dia uwek uwek karena ngerasain aroma ikan yang notabene baru kenalan sama lidahnya, tapi suapan ketiga dan seterusnya dia doyan. Oh ya, untuk ngilangin amis di ikannya, setelah ikan dibersihin gue rendem ikannya semaleman pake potongan mentimun atau perasan air jeruk nipis juga bisa. Jangan lupa dicuci air bersih lagi yah setelah di rendem.

INGREDIENTS

  • 100 grams ikan kakap merah fillet (kakap putih is okay)
  • 80 ml air
  • 1/2 sdt peterseli cincang
  • 1/2 buah tomat, potong kecil
  • 50 gram jamur kancing, potong tipis
  • 60 ml sufor atau ASIP

Saus keju :

  • 80 ml air
  • 25 g tepung terigu
  • 25 g unsalted butter
  • 75 g keju, parut halus
  • 1 sdt seledri, cincang halus
  • 100 ml susu formula atau ASIP

HOW TO

  1. Campur ikan kakap dalam mangkuk tahan panas dengan air, peterseli, tomat dan jamur kancing.
  2. Aduk dan kukus atau panggang selama 20 menit. 
  3. Keluarkan dari kukusan atau oven dan tunggu sampai agak dingin. Aduk sampai rata.

Saus Keju : 

  1. Campur air dengan tepung terigu, aduk rata.
  2. Panaskan margarin, masukkan keju parut. Tuangi larutan tepung terigu dan seledri, aduk rata.
  3. Angkat dan tunggu sampai agak dingin. 
  4. Sajikan kakap, tuangi saus keju dan hidangkan selagi hangat dengan nasi putih hangat atau puree kentang.




Hugs,

2 comments:

  1. aku mau bikin ini aah buat kenzie.. enak nih creamy gitu yaa..

    ReplyDelete
  2. iyaa mbak enyaaak deh.. haa btw maluu blognya dibaca mbak icha, aku suka banget sama blogmu mbak, menginspirasi banget :D

    ReplyDelete