Tuesday, January 05, 2016

Morinaga MI Play Plan : Kanan Kiri Atas Bawah

Assalamualaikum,

Permainan kali ini yang saya pilihkan untuk Affan dari portal Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (Morinaga MI Play Plan) adalah permainan untuk memperkenalkan kanan, kiri, atas dan bawah. Permainan ini cocok untuk usia 1-3 tahun dan dapat mengasah kecerdasan visual spasial pada anak. Selain itu, permainan ini juga bertujuan untuk melatih gerakan motorik kasar dan memperkenalkan arah sederhana pada anak.

Sebenernya, cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengajarkan konsep tersebut dengan menggunakan anggota tubuh anak, dengan tangan contohnya. Tapi kali ini Morinaga MI Play Plan membuatnya lebih menarik lagi. Yuk, simak bagaimana cara bermainnya.

Alat dan Bahan :
  • Printables gambar hewan.
  • Gunting.
  • Kertas A3.
  • Lem.
Cara Membuat :
  1. Cetak printables gambar hewan dari www.morinagamiplayplan.com.
  2. Gunting masing-masing printables gambar hewan tersebut, lalu tempelkan di atas kertas A3.
Cara Bermain :
  1. Jelaskan pada Si Kecil mengenai konsep kanan dan kiri. Pertama-tama, Bunda/ Ayah dapat memberi contoh dengan menggoyangkan tangan kanan dan kiri lalu meminta Si Kecil untuk mengikutinya. Begitu seterusnya hingga Si Kecil perlahan-lahan mengetahui perbedaannya.
  2. Selanjutnya, masuk pada permainan. Bunda/ Ayah boleh ikut bermain. Jelaskan pada Si Kecil bahwa terdapat beberapa gambar hewan di atas kertas. Si Kecil diminta untuk menepuk gambar hewan menggunakan tangannya, tetapi dengan syarat, harus mengikuti instruksi Bunda/ Ayah. Misalkan: “Tepuk Ikan dengan tangan kanan!”, “Tepuk Ayam dengan tangan kiri!”
  3. Selanjutnya, Ayah/ Bunda dapat meminta Si Kecil untuk menengadahkan kepalanya ke atas dan ke bawah. Jika Si Kecil sudah terbiasa dengan konsep tersebut, minta Si Kecil untuk menaruh gambar di atas meja, menaruh gambar di bawah kursi, dan seterusnya.
  4. Sebagai penutup, ajak Si Kecil untuk menggoyangkan tangannya serta kepalanya kembali agar Si Kecil semakin mengingat konsep kanan-kiri maupun atas-bawah yang dipelajarinya. Minta mereka untuk angkat tangan kanan ke atas, tangan kiri ke bawah, dan sebaliknya
  5. Sebagai modifikasi, ajak Si Kecil untuk menunjukkan letak sebuah barang. Misalkan: “Boneka beruangnya ada di sebelah kanan atau kiri Adik/ Kakak, ya?”
Evaluasi :
  • Adik/ Kakak tadi habis bermain apa?
  • Nah, sekarang bisa dong memberitahu Bunda/ Ayah, tangan kanan Adik/ Kakak yang mana? Tangan kirinya? Bagian atas meja dimana, kalau bagian bawah kursi dimana?
  • Wah Adik/ Kakak hebat ya. Bunda/ Ayah mau dong tos dengan tangan kanan/ kiri.
Yeay! Sekarang Affan udah lancar banget bedain atas-bawah, tapi harus sering disounding lagi soal kanan-kiri. Masih sering tertukar hehe. Mungkin 2 atau 3x main lagi bisa lancar :) Terimakasih Morinaga Indonesia!

Love,
Dyta Putri


0 comments:

Post a Comment