Tuesday, January 12, 2016

Morinaga MI Play Plan : Perahu Spons

Assalamualaikum,

Kali ini saya akan mempraktekkan satu dari puluhan ide bermain di Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MI Play Plan). Yang saya pilih hari ini adalah permainan membuat perahu dari spons. Saya memilih ini karena Affan masih belum familiar dengan perahu dan konsepnya, pas juga ternyata bahan-bahannya mudah didapet. Selain itu, permainan ini juga dapat mengasah kecerdasan kinestetik dan kecerdasan logika matematik pada anak. Karena pada permainan ini, anak akan mengetahui cara membuat perahu secara sederhana dan memperkenalkan konsep mengapung dan melayang pada anak. Untuk usia 1-3 tahun, kita bantu membuat perahunya. Sedangkan untuk anak 4-6 tahun mereka bisa membuatnya sendiri dengan diawasi tentunya :) Oh ya, permainan ini cocok dibuat sebelum mandi. Tapiiii resiko ditanggung sendiri yah, karena pasti anak akan betah berlama-lama di kamar mandi karena keasyikan main kaya si Affan :P



Alat dan bahan yang diperlukan :
  • Spons cuci piring.
  • Baskom.
  • Kertas warna.
  • Stik es krim.
  • Gunting/ cutter.
  • Lem.
Cara Membuat :
  1. Siapkan spons dan Bunda/Ayah dapat membantu Si Kecil untuk memberi segaris lubang di bagian tengah spons menggunakan cutter.
  2. Ajak Si Kecil untuk membuat layar dari kertas warna kemudian Bunda/Ayah membantu Si Kecil untuk memberi segaris lubang di bagian atas dan bawah layar menggunakan cutter, sebagai tempat masuknya stik es krim.
  3. Minta Si Kecil untuk memasukkan stik es krim ke layar dan berilah lem untuk merekatkan layar dengan stik es krim.
  4. Tancapkan layar yang sudah jadi pada spons.
Cara Bermain :

  1. Letakkan perahu spons yang sudah jadi pada baskom yang sudah diisi dengan air.
  2. Biarkan perahu mengapung.
  3. Untuk membuat perbedaan terapung dan melayang, basahkan spons dengan air hingga spons terisi air. Kemudian letakkan perahu tersebut pada baskom yang sudah diisi air.

Evaluasi :
  • Adik/ Kakak tadi buat apa? Perahu ya?
  • Apa kesulitannya?
  • Perahunya kok bisa ada di atas air ya? Kenapa ya? Iya jadi, perahunya bisa mengapung karena berat spons jauh lebih ringan dari air, sedangkan melayang karena berat spons yang sudah diisi air sama dengan air.
Affan seneeeng banget sampe main perahunya dilanjutkan di kamar setelah mandi. Terima kasih yaa Morinaga Indonesia untuk selalu memberikan nutrisi terbaik serta membantu kami para ibu dalam membentuk anak yang cerdas luar dalam!

Love,
Dyta Putri

0 comments:

Post a Comment