Monday, January 04, 2016

Morinaga MI Play Plan : Papan Kegiatanku

Assalamualaikum,

Affan sekarang udah nyaris 3 tahun. Udah beranjak besar dan bukan bayi lagi. Sudah sangat pintar ngomong, mengutarakan pendapat dan menceritakan emosinya. Nah, jadinyaa sekarang Mommy-nya cukup kesulitan kalo menginstruksikan hal-hal seperti mandi, makan, tidur dll ke Affan. Karena sekarang selalu dijawab dengan, "Affan lagi main nih My" atau "Halus sekalang mandinya? Nanti aja boleh?" Tet toot! Emaknya banyak-banyak istighfar aja haha.

Nah, kemarin pas banget lagi cari-cari ide bermain untuk Affan di portal Morinaga Multiple Intelligence Play Plan, saya nemuin permainan ini. Wahhh saya excited banget karena sepertinya permainan ini bisa mensiasati tawar menawar saya dengan Affan. Jadi dalam permainan ini, kegiatan tersebut dibuat menjadi menarik. Caranya yaitu dengan memberikan hadiah (reward) bagi anak ketika pekerjaan tersebut sudah berhasil dilakukannya. Dengan membuat “Papan Kegiatanku”, anak akan merasa lebih termotivasi untuk mengerjakan kegiatannya sehari-hari dengan mandiri. Anak pun juga dapat mengetahui kelemahan dirinya serta mengetahui kemampuannya sendiri.



Alat dan Bahan yang diperlukan :
  • Karton.
  • Velcro.
  • Printable gambar kegiatan.
  • Spidol.
  • Gunting.
  • Double tape.
Cara Membuat :
  1. Potong karton menjadi persegi panjang, kurang lebih berukuran 30 x 15 cm. 
  2. Posisikan karton dalam posisi persegi panjang horizontal. Lalu lipat karton menjadi dua, dengan cara melipat bagian karton bawah ke atas (sisakan bagian atas beberapa cm).
  3. Buka kembali lipatan tersebut dan kemudian tempel gambar kegiatan di atas karton bagian atas (batasi 4 kegiatan terlebih dahulu, agar timbul menjadi kebiasaan).
  4. Setelah itu, tuliskan nama kegiatannya pada karton bagian bawah.
  5. Gunting karton bagian bawah terpetak sesuai dengan kegiatan.
  6. Tempelkan Velcro pada bagian atas gambar kegiatan dan juga bagian bawah nama kegiatan.
  7. Lipat kembali satu per satu bagian bawah karton ke atas, dan tuliskan kata “Sudah Dikerjakan” pada setiap petak kegiatan tersebut dalam keadaan karton terlipat.
  8. Tempelkan papan pada dinding atau tempat lain yang terjangkau oleh Si Kecil.
Cara Bermain :
  1. Buatlah papan kegiatan bersama dengan Si Kecil. Ayah Bunda diminta untuk membantu Si Kecil dalam proses pembuatannya.
  2. Berikan penjelasan kepada Si Kecil, bahwa papan ini akan menjadi papan kegiatannya sehari-hari, dan ketika ia berhasil menyelesaikan semua kegiatan tersebut dalam satu hari dengan mandiri, ia akan medapat hadiah.
  3. Dorong terus Si Kecil untuk melakukan kegiatannya, dan jangan lupa untuk terus memberikan pujian ketika Si Kecil berhasil melakukan kegiatannya sendiri.




Evaluasi :
  • Adik/ Kakak tiap hari harus melakukan apa saja sih?
  • Ada yang belum dikerjakan tidak? (Jika ada yang belum, tanyakan mengapa Si Kecil belum melakukannya).
  • Pekerjaan apa yang paling susah dikerjakan? Yang paling mudah apa?
  • Pekerjaan apa yang paling Adik/ Kakak senangi? Apa yang tidak disenangi?
  • Adik/ Kakak bisa mengerjakan tugas itu sendiri ya? Wah hebat sekali…
Keajaiban sekali sejak ada si papan kegiatan ini, Affan lebih mudah diarahkan. Sekarang akalu disuruh mandi langsung semangat ke kamar mandi lalu ngibrit ke kamar untuk melipat papannya sendiri. Berkat permainan ini Affan jadi termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya, dan dia jadi merasa terapresiasi karena diberi rewards. Ah cerdas sekali idenya Morinaga MI Play Plan! Terima kasih, Morinaga Indonesia!

Love,
Dyta Putri

0 comments:

Post a Comment