Sunday, January 03, 2016

Morinaga MI Play Plan : Mengelompokkan Warna

Assalamualaikum,

Memperkenalkan warna. Haduuh, udah kebayang di pikiran saya betapa akan rumitnya ngajarin anak masalah warna ini. Karena, warna ini termasuk hal yang pemahamannya sangat objektif sekali. Sempet cari-cari cara memperkenalkan warna ke anak, tapi masih belum ada yang sreg metodenya. Sampai akhirnya saya sedang menyusun rencana bermain untuk liburan Affan di portal Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (Morinaga MI Play Plan) dan menemukan permainan ini disana.

Permainan ini saya rasa sangat cocok untuk anak seusia Affan dan dapat mengasah kecerdasan visual spasial pada anak. Selain itu, permainan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan visual serta mengenalkan warna dan bentuk pada anak.


Alat dan bahan yang diperlukan :

  • Art foam berwarna-warni.
  • Wadah.
  • Kertas origami.

Cara Bermain :

  1. Sebelum bermain, tempel kertas origami (sesuai warna art foam yang digunakan dalam permainan ini) pada masing-masing wadah.
  2. Siapkan art foam yang telah digunting dengan berbagai bentuk geometri dan juga wadah-wadahnya. Beritahu Si Kecil masing-masing nama warna dan bentuk yang tersedia.
  3. Minta Si Kecil menyortir foam berdasarkan warna sambil menyebutkan warnanya.


Evaluasi :
  • Apa yang kamu lakukan hari ini?
  • Ini warna apa? (menunjuk art foam yang digunakan saat bermain), warna ini sama seperti warna apa ya? (minta Si Kecil untuk mencari benda di sekitarnya dengan warna yang sama seperti art foam yang ditunjukkan).
  • Kalo ini bentuk apa, dik/ kak? (menunjuk art foam dengan berbagai bentuk).
Alhamdulillah berkat permainan ini, Affan sudah lancar sekali menyebutkan warna-warna dasar seperti merah, kuning, hijau, biru, coklat, hitam dan putih. Dia juga paham mana kotak, mana lingkaran, dan mana segitiga. Wahh, terima kasih banyak Morinaga Indonesia! Akhirnya saya menemukan metode memperkenalkan warna yang sesuai, efektif, dan fun untuk Affan :)

Love, 
Dyta Putri

0 comments:

Post a Comment