Monday, May 19, 2014

Resep MPASI : Flan Nasi Bayam (10m)

Assalamualaikum,

Nemu resep ini dibuku 99+ Resep Rumahan Cihuy @mamakokihandal kiriman dari Mama Sitha Puspita. Di resepnya sih sih untuk 1 tahun keatas tapi kayanya oke aja sih untuk anak 10 bulan yang gak alergi telur tentunya :) Flan nasi bayam ini kayanya cemilan sih ya, cuma gue jadiin menu lunch Affan jadi resep ini gue lipat gandakan kuantitasnya kecuali telur yaa, telurnya tetep pake dua aja. Dan berhubung ga punya oven jadi gue bikin di kukus aja daaan tetep enak :)

Berikut resep aslinya yah :)


INGREDIENTS

  • 2 kuning telur
  • 1 putih telur
  • 10 gram bayam cacah yang sudah direbus/kukus
  • 20 gram keju parut
  • 50 gram nasi putih
  • Butter untuk mengoles cetakan
  • 60 ml susu cair/UHT
  • Pala bubuk secukupnya

HOW TO

A.

  1. Oleskan butter pada bagian dalam cetakan
  2. Panaskan oven 140 derajat celcius dan masukkan wadah besar yang telah diisi air sepertiga bagian


B.

  1. Sambil menunggu oven siap:
  2. Bagi keju parut menjadi 3 porsi, dan letakkan di permukaan masing-masing cetakan
  3. Bagi bayam menjadi 3 porsi, letakkan di atas keju parut pada masing-masing cetakan
  4. Bagi nasi putih dalam 3 porsi, letakkan di atas bayam pada masing-masing cetakan


C.

  1. Didihkan susu cair
  2. Sambil menunggu susu mendidih, kocok telur dalam satu wadah sampai tercampur rata, bubuhi pala bubuk
  3. Tuangkan susu cair yang sudah mendidih ke dalam wadah berisi telur dan pala, tidak perlu diaduk
  4. Tuangkan campuran susu+telur+pala ke dalam masing-masing cetakan (lihat bagian B)
  5. Masukkan ke dalam oven yang sudah panas, pasang timer 30 menit
  6. Saat timer sudah berbunyi, matikan oven, keluarkan flan dan dinginkan sebentar sebelum disajikan dalam mangkuk/piring si kecil.


Hugs,

2 comments:

  1. mom.. ini saya juga ga ada oven.. mom dyta juga akhirnya eksekusi nya dikukus kan ya hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa saya kukus aja teteup enaak kok hehehe

      Delete